Jakarta (ANTARA News) - 55 BUMN akan ambil bagian dalam Anugerah BUMN 2012, demikian Hadi M Djuraid, Ketua Panitia Anugerah BUMN 2012 dalam siaran persnya, Rabu.

Pengharaan ini adalah yang ketiga kalinya diadakan majalah BUMN Track yang seperti tahun-tahun sebelumnya didukung oleh Forum Humas BUMN dan C.I.S School of Innovation, sedangkan tema yang diusung sekarang adalah “Inovasi untuk Optimalisasi Kontribusi”.

Ke-55 BUMN ini akan berlomba mendapatkan penghargaan pada 13 kategori dengan tiga aspek penilaian meliputi input, proses, dan output inovasi. 

Untuk meraih predikat terbaik pada setiap kategori, setiap BUMN peserta harus melalui tahap seleksi berupa pengisian kuesioner, kajian kuesioner oleh tim C.I.S School of Innovation, dan wawancara pendalaman kuesioner oleh panel ahli.

Penghargaan diberikan kepada BUMN yang telah mengembangkan inovasi yang memberi dampak signifikan dalam peningkatan kinerja korporasi.

Penghargaan ini diharapkan mendorong dan merangsang BUMN untuk terus mengembangkan inovasi, selain sebagai ajang bagi BUMN untuk unjuk kinerja terbaik kepada publik dan stakeholders BUMN. 

Panel Ahli akan terdiri dari 3 orang, meliputi seorang anggota Dewan Juri dan dua ahli kompeten pada setiap kategori. 

Dewan Juri untuk anugerah ini diketuai Tanri Abeng, sedangkan Menteri BUMN Dahlan Iskan bertindak sebagai juri kehormatan.

Dewan juri sendiri beranggotakan sepuluh pakar, yaitu ekonom Aviliani, Ilham Habibie,  Mhammad Said Didu, Mas Achmad Daniri, Avanti Fontana, Hermawan Kartajaya, Andi Ilham Said, Bagus Rumbogo, Syamsuddin Ch Haesy,  dan Hadi M Djuraid.

Adapun ke-13 kategori penghargaan adalah 
1. Inovasi Manajemen BUMN Terbaik
2. Inovasi GCG BUMN Terbuka BUMN Terbaik
3. Inovasi GCG BUMN Non-Terbuka BUMN Terbaik
4. Inovasi Produk Manufaktur BUMN Terbaik
5. Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik
6. Inovasi Produk Jasa BUMN Terbaik
7. Inovasi Invensi Teknologi BUMN Terbaik
8. Inovasi Aplikasi Teknologi BUMN Terbaik
9. Inovasi Sumber Daya Manusia BUMN Terbaik
10. Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik
11. Inovasi Bisnis Global BUMN Terbaik
12. CEO BUMN Inovatif Terbaik
13. BUMN Inovatif Terbaik (Best of The Best)

Khusus kategori CEO BUMN Inovatif Terbaik, Sofyan A Djalil, Robby Djohan, Abdul Gani, dan Rhenald Kasali diundang masuk Dewan Juri, sedangkan penghargaan sendiri akan diberkan Kamis pekan depan (6/12).  (*)

Editor: Copywriter
COPYRIGHT © ANTARA 2012