Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama menyediakan kartu multifungsi yang dapat digunakan sebagai sarana pembayaran dan transaksi Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
Direktur Network & Services BNI Ronny Venir mengungkapkan kartu multifungsi ini bisa dimanfaatkan untuk payroll gaji, kartu identitas pekerja, alat pembayaran, seperti transfer, pembelian pulsa, dan pembayaran asuransi sehingga di lingkungan HPK tercipta Cashless Society.
 
“Komitmen BNI terhadap pengembangan konsep digitalisasi yang terus bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maka dituangkan dalam Nota Kesepahaman/MoU,” kata Ronny dikutip dari keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin.
 
Ia merinci kerja sama tersebut mencakup pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pekerja konstruksi melalui peningkatan literasi keuangan, melakukan sosialisasi program kerja sama pertukaran data dan informasi, menyediakan alternatif pembiayaan, digitalisasi transaksi, dan pendampingan layanan perbankan bagi pekerja konstruksi.
 
Sementara itu, Kementerian PUPR telah membangun 22 menara HPK yang diperkirakan dapat menampung sebanyak 16.000 tenaga kerja konstruksi yang terdiri atas 18 Tower Tenaga Terampil, 3 Tower Tenaga Ahli dan 1 Tower Kantor Sementara PUPR dengan luas area 10,58 ha dengan masing-masing menara memiliki 4 lantai.

Baca juga: BNI siapkan Rp45,87 triliun untuk Ramadhan dan Lebaran 2023

Baca juga: BNI akan membeli kembali saham perseroan senilai Rp905 miliar
 
Berbagai fasilitas pendukung juga akan disiapkan seperti kantin, tempat ibadah, ruang serbaguna, klinik kesehatan, laundry, layanan transaksi perbankan, serta beberapa fasilitas penunjang lainnya agar para pekerja bisa fokus bekerja sekaligus meningkatkan kualitasnya.
 
Pembangunan HPK tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah kepada pekerja Indonesia agar bisa tinggal di hunian yang layak dan meminimalisir munculnya kawasan kumuh di sekitar IKN.
 
“BNI akan selalu siap berkolaborasi dengan Kementerian PUPR serta Kementerian lainnya untuk menciptakan ekosistem digitalisasi bagi kemudahan layanan finansial untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Ronny.

Baca juga: BNI tidak terdampak penutupan Silicon Valley Bank

Baca juga: PUPR: RI dan Korea Selatan miliki nota kesepahaman pembangunan IKN

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023