Simpang Empat, - (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengadakan gelar pangan murah bersubsidi untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok yang murah selama Ramadhan di 11 kecamatan di daerah itu.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman Barat Ekadiana Oktavia di Simpang Empat, Selasa, mengatakan pasar murah diadakan sejak 27 Maret sampai 14 April 2023.
 
Ia menyebutkan ada enam jenis komoditas pangan yang disubsidi Rp5.000 pada Gelar Pangan Murah (GPM) yakni beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (beras SPHP) dengan harga Rp44.750 per 5 kilogram, cabai dengan harga Rp23.500 per kilogram, bawang dengan harga Rp19.000 per kilogram dan gula dengan harga Rp9.000 per kilogram.
 
Kemudian minyak goreng dengan harga Rp12.000 per liter serta telur dengan harga Rp45.000 per tray.
 
"Dari dua kali diadakan pasar murah ini di Jorong Simpang Godang Nagari Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur dan di Nagari Koto Baru cukup mendapat sambutan dari masyarakat karena dapat memperoleh harga yang terjangkau," katanya.
 
Ia mengatakan pangan murah itu diadakan dalam rangka antisipasi kenaikan harga dan membantu masyarakat menyambut Lebaran.
 
Satu kali pangan murah pihaknya akan menyediakan bagi 100 orang masyarakat dengan masing-masing lima kilogram beras.
 
Dengan adanya pangan murah itu diharapkan dapat membantu masyarakat dan menstabilkan harga beras di pasaran.
 
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Pasaman Barat Titi Hamsuardi mengapresiasi digelarnya kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM) bersubsidi yang dapat memberikan keringanan harga kepada masyarakat.
 
"Semoga saja dengan keberadaan pasar murah ini, masyarakat Pasaman Barat bisa terbantu dalam memenuhi kebutuhannya selama Ramadhan," katanya.
   
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023