Kediri (ANTARA) - Lumbung Kebaikan, sebuah lembaga swadaya masyarakat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akan menyebarkan 1.000 paket untuk warga lanjut usia di Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Bagian program Lumbung Kebaikan Salwa Hilyatul mengemukakan di bulan suci Ramadhan ini pihaknya terus menggalangkan program "Persembahan bingkisan lansia", sebagai bentuk perhatian untuk mereka.

"Program ini untuk 1.000 lansia di Kediri. Selama Ramadhan ini dan untuk menyambut Idul Fitri nanti kami mempersembahkan bingkisan untuk mereka, para lansia," katanya di Kediri, Selasa.

Ia menjelaskan bingkisan yang diberikan untuk lansia itu berupa pakaian ibadah seperti mukena, pakaian Muslim, sajadah, kopiah, dan speaker Quran. Yang semuanya bermanfaat untuk warga yang sudah lanjut usia.

Pemberian bingkisan itu, kata dia, dilakukan selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023. Lansia yang menjadi target pemberian di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri.

Baca juga: Dinas Sosial Gunungkidul salurkan bantuan permakanan kepada lansia
Baca juga: Kemensos beri bantuan usaha dan perbaikan rumah lansia nyaris roboh

Ia juga menambahkan, dengan bingkisan itu diharapkan bisa membantu sekaligus berbagi kebahagiaan untuk mereka.

Pihaknya menambahkan Lumbung Kebaikan memang fokus mendampingi lansia. Terdapat tiga kriteria utama yang menjadi konsentrasi pendampingan yaitu lansia sebatang kara, lansia miskin, dan lansia dengan penyakit menahun.

Selain itu, untuk program terdapat tiga program utama yakni pemenuhan pangan lansia, pemeliharaan kesehatan lansia, dan madrasah untuk lansia.

Sejak awal Februari 2023, pihaknya juga sudah melakukan program skrining kesehatan kepada lansia di Desa/Kecamatan Tarokan, Desa Brenggolo di Kecamatan Plosoklaten dan Desa/Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

"Hal ini dilakukan guna memetakan data lansia duafa di Kota Kediri dan Kabupaten Kediri," kata dia.

Baca juga: Kepri beri bantuan Rp1,3 miliar untuk penyandang disabilitas-lansia
Baca juga: HUT ke-7, PIKA-PI Group salurkan bantuan kepada komunitas lansia

Selain itu, dalam program pangan siap saji pihaknya juga telah melakukan program Jumat berkah untuk lansia di Desa Sekoto, Kecamatan Badas bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri bersamaan dengan acara hari jadi Kabupaten Kediri pada 2023, dan di Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem, kabupaten ini.

"Bantuan diberikan berupa makanan siap saji dan atau sayur mayur untuk lansia," ujar dia.

Ia berharap program ini bisa terus dilakukan bahkan bisa dicontoh masyarakat atau komunitas lainnya untuk selalu berbagi kebaikan.

Baca juga: Pemkot Madiun salurkan bantuan permakanan bagi 478 lansia-disabilitas

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023