Belitung (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Cabang Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprediksi jumlah pemudik menjelang Idul Fitri 1444 Hijiriah mencapai 13.000 penumpang.

General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 2 Cabang Tanjung Pandan, Ferial Dunan Sidabutar di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan jumlah pemudik pada tahun ini diprediksi meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami perkirakan jumlah pemudik pada tahun ini mencapai 13.000 penumpang meningkat dari tahun sebelumnya hanya sebanyak 12.000 penumpang atau naik sebesar 10 persen," ujarnya.

Oleh karena itu, Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Pandan mempersiapkan sejumlah fasilitas di pelabuhan tersebut guna mendukung kelancaran arus mudik lebaran nanti.

"Sejumlah fasilitas dapat dipastikan siap untuk digunakan, diantaranya ruang tunggu penumpang, ruang laktasi, mushola, toilet, tempat parkir kendaraan dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik," katanya.

Ferial menyebutkan, saat ini Pelindo Regional 2 Tanjung Pandan melayani keberangkatan kapal cepat penumpang Express Bahari 3 E rute Tanjung Pandan - Pangkal Pinang sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selain itu, pihaknya juga melayani keberangkatan kapal Ro-Ro tujuan Jakarta sebanyak tiga kali seminggu dan Pangkal Pinang sebanyak seminggu sekali.

"Namun tidak menutup kemungkinan apabila permintaan naik seperti pada musim mudik lebaran tahun 2023 nanti, pihak operator kapal bisa menambah jadwal pelayanan pada H-7 sampai dengan H+7 masa lebaran menjadi setiap hari pelayanan pulang pergi," ujarnya.

Dikatakan dia, selain mengantisipasi kenaikan penumpang, pihaknya juga memastikan kelancaran kapal pengangkut bahan kebutuhan pokok di pelabuhan Tanjung Pandan.

"Hal tersebut untuk mengantisipasi ketersediaan barang-barang strategis yang dibutuhkan bagi masyarakat di Pulau Belitung," katanya.

Pelindo Tanjung Pandan juga akan mendirikan posko Angkutan Lebaran 2023 di lingkungan pelabuhan bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait guna menjamin kelancaran kegiatan pelabuhan di masa perayaan lebaran 2023.

"Kami juga nanti akan menyiapkan posko lebaran bersama pemangku kepentingan lain seperti Kepolisian, TNI AL, KSOP Tanjung Pandan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan," ujarnya.

Baca juga: Pelabuhan Tanjung Priok catat 6.672 pemudik hingga H-7 Idul Fitri

Baca juga: ASDP yakin arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak berjalan lancar


 

Pewarta: Kasmono
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023