Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat menyiapkan 500 paket sembako murah menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami sudah siapkan 500 paket yang isinya berupa barang kebutuhan pokok berisi gula pasir, telur, minyak goreng, dan terigu dan dipatok Rp50.000 per paket," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku Poli Jamlean, di Ambon, Jumat.

Jadi pasar murah ini akan berlangsung di Dusun Eli, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat pada tanggal 1 April 2023.

Dia menjelaskan, kegiatan pasar murah seperti ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun menjelang hari-hari besar keagamaan baik itu menjelang bulan puasa di bulan suci Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri maupun menjelang hari raya Natal 25 Desember.

Kegiatan pasar murah yang akan berlangsung di Huamual itu, rencananya akan dibuka oleh Gubernur Maluku Murad Ismail saat melakukan kunjungan kerja ke daerah itu.

Karena itu diharapkan kegiatan pasar murah ini dapat membantu serta memudahkan umat Islam di Maluku yang sementara menjalani ibadah puasa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah saat saat ini dan menjelang Idul Fitri nanti.

Menurutnya, selain pasar murah juga digelar dalam bentuk mobile pada 3-4 April 2023 dengan menjangkau desa-desa di Pulau Ambon mayoritasnya beragama Islam, yakni desa di Kecamatan Salahutu, Kecamatan Leihitu, dan Kecamatan Leihitu Barat.

Kurang lebih ada 3.200 paket sembako murah yang akan disalurkan kepada masyarakat di daerah itu, sekaligus diharapkan dapat menekan lonjakan harga di tengah bulan puasa dan menjelang Lebaran 2023.
Baca juga: Pemprov Maluku gelar pasar murah keliling di 35 lokasi
Baca juga: BI: Operasi pasar berhasil tekan laju inflasi Maluku

Pewarta: John Soplanit
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023