Jakarta (ANTARA News) - Novel dewasa pertama JK Rowling, "The Casual Vacancy" akan diadaptasi dalam bentuk serial televisi di BBC.

Pengarang novel "Harry Potter" itu akan berkolaborasi dalam karya adaptasi yang rencananya akan disiarkan di BBC One pada 2014.

Dengan latar belakang sebuah komunitas kota kecil di West Country, "The Casual Vacancy" mengisahkan tentang kematian tak terduga dari Barry Fairbrother yang mengejutkan para penduduk lokal.

Rowling mengatakan dia "senang" bahwa novelnya akan dihidupkan.

"Saya selalu berpikir bila novel itu akan diadaptasi, bentuk yang paling cocok adalah televisi dan saya kira BBC adalah tempat terbaik."

Controller BBC One, Danny Cohen, mengatakan dia bersemangat untuk menghadirkan karya terbari Rowling pada penonton.

"Caranya bercerita tentu saja tiada taranya dalam popularitasnya, dan saya tidak sabar berkolaborasi dengannya," kata dia seperti dikutip dari laman BBC.

Serial tersebut akan diproduksi oleh BBC One dan produksinya digarap perusahaan produksi independen dengan Rick Senat sebagai produser eksekutif.

BBC mengatakan jumlah dan panjang episode baru akan diputuskan setelah proses adaptasinya dimulai.

Penerbit Little Brown and Co mendeskripsikannya sebagai "Komik kelam, membuat orang berpikir, dan secara konstan mengejutkan".

Novel terbaru Rowling telah menuai reaksi yang beragam sejak diterbitkan pada September. Para kritikus koran menyebutnya dengan "suram", "brilian", dan "tidak ada unsur petualangan".

Novel itu terjual sebanyak 125.000 kopi pada pekan pertama penjualan, menjadi buku hardback di Inggris yang terjual paling cepat selama tiga tahun terakhir dan menjadi novel terlaris kedua sejak rekornya dimulai pada 1998.
(nan)

Penerjemah:
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2012