Madrid (ANTARA News) - Rafa Nadal berusaha kembali menunjukkan penampilan terbaiknya setelah cedera, dengan bermain di lapangan tanah liat musim mendatang menjelang ke Roland Garros.

Petenis berusia 26 tahun, mantan nomor satu dunia itu, melorot ke urutan ke empat dalam peringkat ATP dan belum turun lapangan lagi sejak mengalami kekalahan mengejutkan ketika mundur dari putaran kedua di Wimbledon, Juni lalu.

Atlet dari Spanyol itu didiagnosa mengalami masalah pada urat kakinya dan ada semacam radang di kaki kirinya. Ia baru mulai memukul bola lagi sejak dua minggu lalu.

"Kesembuhan semakin baik dan dokter menyatakan gembira," kata Nadal dalam wawancara dengan Radio Spanyol, seperti yang dikutip Reuters.

"Saya harus melihat ulang karier saya selama lima tahun. Saya sepertinya harus menjalani operasi tetapi dokter selalu menyatakan jangan ambil risiko dalam perawatan kaki saya," katanya.

Penyandang 11 gelar tunggal putra turnamen Grand Slam itu menyatakan amat pragmatis ia akan tampil lagi di lapangan.

"Saya tidak berharap tampil untuk menang di Australia Terbuka. Saya harus realistis. Hasil pertandingan tidak akan mengkhawatirkan saya," katanya.

"Saya harus memulai lagi dari awal, setelah begitu lama istirahat. Saya tidak akan terganggu kendati harus melorot ke urutan ke-15, sepanjang saya merasa masih akan mampu mengejarnya," tambahnya.

"Saya ingin prima 100 persen untuk tampil di Monte Carlo dan menjalani turnamen selanjutnya menuju Roland Garros," ujarnya.

Nadal memenangi gelar ketujuh Prancis Terbuka pada Mei lalu.

(A008/A011)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2012