Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kementerian Kehutanan Iman Santoso menyebut 27 jenis spesies yang sangat invasif sehingga mengganggu keanekaragaman hayati.

"Ada 27 jenis yang ada di Indonesia termasuk dalam 100 spesies yang sangat invasif,"kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kementerian Kehutanan Iman Santoso dalam seminar nasional di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan, saat ini di Indonesia ada 113 spesies sangat invasif. "27 diantaranya sangat invasif. Masalah ini sangat serius, karena ada manfaat dan kerugiannya," ujarnya.

Dia mencontohkan eceng gondok yang bisa menimbulkan dampak positif jika dimanfaatkan secara baik. "Namun ada yang menimbulkan dampak negatif terhadap proses ekologi dan menimbulkan kerugian pada keanekaragaman hayati," ujarnya.

Iman mengatakan, Kemenhut akan meminta pertimbangan ahli mengenai dampak positif dan negatif spesies invasi itu yang ternyata tidak hanya jenis tumbuhan tetapi ada juga jenis serangga.

(I028/B008)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2012