Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani mengadakan pertemuan bilateral dengan European Union ASEAN Business Council (EU ABC) setelah mengadakan pertemuan dengan menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara anggota ASEAN pada 30 April 2023.

Dalam pertemuan tersebut, dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu, delegasi EU-ABC dipimpin oleh Vice Chairman EU-ABC Tassilo Brinzer dan disertai oleh 13 anggota yang berasal dari Swiss Re, Standard Chartered, HSBC, Prudential SWIFT, BASF, World Gold Council, dan Zuellig Pharma.

Pokok diskusi pertemuan bilateral tersebut adalah mengenai bagaimana memperkuat kolaborasi untuk proses pemulihan dan pembangunan kembali setelah pandemi, yang mana masih menghadapi berbagai tantangan akibat dari scarring effect, inflasi tinggi akibat dari ketegangan geopolitik, ditambah dengan permasalahan perbankan di Amerika Serikat dan Eropa.

Pembahasan perkembangan terkini dari pembangunan juga dibahas yaitu mengenai pembiayaan berkelanjutan untuk memitigasi perubahan iklim, dengan cara mengedepankan pengembangan energi bersih dan terbarukan.

Namun, berbagai tantangan dalam pergeseran dari penggunaan energi fosil ke energi yang lebih bersih dengan pembiayaan berkelanjutan, antara lain mengenai investasi dalam pengurangan penggunaan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik masih dihadapi.

Beberapa hal yang disampaikan anggota EU ABC antara lain tentang pentingnya pengembangan ekonomi digital, kesehatan, dan bidang kendaraan listrik.

Di bidang asuransi, disoroti juga tentang kebijakan perpajakan khususnya tentang pajak pendapatan korporasi dan pajak pendapatan.

Kemudian, disampaikan juga mengenai pengembangan energi bersih, ASEAN Taxonomy dan taksonomi di kawasan lainnya, kebijakan di bidang bea pabean, dan bank emas.

Pada bagian akhir pertemuan bilateral ini, EU ABC menyatakan dukungannya kepada proses pembangunan di Indonesia.

Baca juga: Menkeu RI bertemu Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei
Baca juga: Menkeu bahas sektor keuangan dalam pertemuan bilateral dengan US ABC
Baca juga: ASEANBAC, Menkeu-Gubernur Bank Sentral ASEAN dorong ekonomi digital

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023