Kupang (ANTARA) - Ombudsman perwakilan Nusa Tenggara Timur menilai pelayanan yang diberikan oleh Kanwil Kemenkumham NTT kepada masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu sudah maksimal.

"Buktinya sampai dengan saat ini tidak ada sama sekali pengaduan atau laporan dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan oleh Kanwil Kemenkumham NTT," kata Kepala Perwakilan Ombudsman NTT Darius Beda Daton di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman NTT terhadap metode atau sistem pelayanan yang diberikan oleh Kanwil Kemenkumham NTT kepada masyarakat di NTT.

Dia mengaku bahwa selama ini beberapa program pelayanan yang diberikan juga sangat membantu masyarakat, salah satunya adalah dalam terobosan pembuatan Perseroan Perseorangan serta merek yang prosesnya tidak memakan waktu lama.

"Kita lihat saja, banyak terobosan yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham NTT dan sangat membantu masyarakat," ujar dia.

Dengan pelayanan yang maksimal seperti yang dilakukan tersebut, tentunya tambah dia masyarakat akan merasa puas.

Namun sayangnya, walaupun di kawasan Kanwil pelayanannya maksimal dan tidak ada pengaduan dari masyarakat, berbeda dengan beberapa UPT di bawah Kanwil yang sering mendapatkan keluhan dari masyarakat.

"Ya di kanwil sih tidak, tetapi beberapa UPT, seperti Imigrasi, lalu Lapas atau Rutan sering kami terima keluhan soal pelayanan," ujar dia.

Ombudsman sendiri beberapa kali sudah mendatangi beberapa UPT tersebut usai mendapatkan keluhan dari masyarakat untuk menanyakan langsung.

Karena itu Darius berharap agar beberapa UPT yang sering menerima keluhan dari masyarakat itu bisa memperbaiki diri lagi sehingga pelayanannya juga maksimal.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023