Palembang (ANTARA) - PT KAI Divre III Palembang mencatat pemesanan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1444 Hijriah telah terjual pada periode tanggal 12 April hingga 3 Mei 2023 sebanyak 34.513 tiket atau sekitar 66 persen dari jumlah tiket yang disediakan pada periode tersebut 52.228 tiket.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Senin, menjelaskan jumlah ini tentu akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

Untuk tiket KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuk Linggau dan KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjung Karang periode masa angkutan lebaran telah habis terjual sampai 30 April 2023.

"Tiket KA ekonomi Bukit Serelo dan KA Rajabasa tetap menjadi pilihan bagi masyarakat pengguna kereta api karena pelayanan bagus dengan tarif yang terjangkau,” jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan kereta api ke arah Lubuklinggau atau arah Palembang, untuk menggunakan KA Sindang Marga karena sampai saat ini tiketnya masih tersedia.

Selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2023, setiap hari KAI Divre III Palembang menyediakan 2.374 tiket jarak jauh dan peningkatan jumlah penumpang arus mudik diprediksi mulai tanggal 18 April 2023 dan puncaknya diperkirakan pada tanggal 20 April 2023.

Situasi itu bersamaan dengan mulainya cuti bersama yang lebih awal ditetapkan pemerintah, yaitu tanggal 19 April 2023 untuk masa angkutan lebaran tahun ini.

“Masyarakat yang akan mudik menggunakan kereta api untuk merencanakan mudik dengan baik termasuk mematuhi syarat-syarat perjalanan yang telah ditetapkan agar mudik lebaran tahun ini adalah mudik yang aman dan berkesan,” kata Aida.

Baca juga: Daop 7 ajak masyarakat gunakan KA saat mudik dan balik Lebaran 2023

Baca juga: KAI ingatkan kembali syarat perjalanan naik KA jelang puncak mudik

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023