Beijing (ANTARA) - Observatorium nasional China pada Senin (3/4) mengeluarkan peringatan biru untuk potensi hujan badai di beberapa daerah di negara tersebut.

Dari Senin pukul 08.00 hingga Selasa (4/4) pukul 08.00 waktu setempat, hujan deras diperkirakan akan mengguyur sebagian wilayah di Hubei, Hunan, Jiangxi, Anhui, Henan, Shandong, Jiangsu, Shaanxi, Shanxi, Guangxi, dan Chongqing, menurut Pusat Meteorologi Nasional China.

Hujan deras dengan curah hujan hingga 130 mm kemungkinan akan melanda sebagian wilayah Anhui, Hubei, dan Hunan.

Beberapa daerah juga akan mengalami hujan lebat jangka pendek, dengan curah hujan lebih dari 60 mm per jam di beberapa tempat, disertai badai petir dan angin kencang, menurut prakiraan cuaca tersebut.

Pusat meteorologi itu mengimbau departemen-departemen pemerintah terkait untuk bersiap menghadapi hujan lebat dan menyerukan agar sekolah-sekolah mengambil tindakan yang tepat guna menjamin keselamatan para murid.

Sementara itu, pengendara diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir dan kemacetan lalu lintas. Sistem drainase di kota, lahan pertanian, serta kolam ikan juga harus diperiksa dengan cermat, kata pusat meteorologi tersebut.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oranye, kuning, dan biru, demikian Xinhua.



Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023