Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 100 pemuda dari China, Rabu, berkunjung ke Kota Bandung, Jawa Barat, dalam rangka mempererat hubungan antarpemuda antara Pemerintah Indonesia dan China.

Rangkaian kegiatan delegasi pemuda China tersebut diawali dengan kunjungan ke Walikota Bandung, yang diwakilkan oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Rusjaf Adimenggala.

"Semoga kunjungan ini, selain mempererat hubungan antarnegara, juga dapat dijadikan ajang promosi dan publikasi potensi Kota Bandung," kata Walikota Dada Rosada yang dibacakan Rusjaf di Bandung, Rabu malam.

Kunjungan delegasi pemuda dari China tersebut diharapkan dapat mengundang investasi dan meningkatkan kunjungan turis China ke Bandung.

Oleh karena itu, pertumbuhan pariwsata, jasa dan perdagangan dapat memberi dampak positif terhadap perluasan kerja, kesempatan usaha dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Sementara itu, Rusjaf mengatakan kunjungan tersebut dapat membawa kekuatan baru dari hubungan kedua belah pihak.

"Kegiatan semacam itu dapat menambah keakaraban dan meningkatkan kebersamaan antara Indonesia dan China, untuk nantinya akan semakin kuat di Asia," katanya.

Kunjungan delegasi pemuda China tersebut merupakan kunjungan balasan yang dilakukan di empat kota besar di Tanah Air.

Setelah Jakarta dan Bandung, mereka akan ke Yogyakarta dan Solo untuk berkunjung ke tempat bersejarah dan wisata.

Rencananya, mereka akan diterima langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Minggu (9/12), dan ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng di Jakarta pada hari terakhir, Senin (10/12).

Delegasi pemuda tersebut berasal dari beragam profesi, antara lain mahasiswa, staf sejumlah kementerian, pengusaha dan peneliti.  (F013/M008)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2012