Munchen (ANTARA News) - Mario Gomez dan wajah baru di Bayern Munchen, Xherdan Shaqiri, tampil menawan saat mengantar klubnya menang 4-1 atas BATE Borisov pada pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions di Munchen, Kamis dihari.

Kemenangan yang sekaligus menguatkan Munchen di puncak klasemen Grup F dan memastikan diri melaju ke babak 16 besar, dengan poin 13, sama dengan runner up Valencia yang kalah selisih gol.

Menjamu tamunya dari Belarusia, Munchen unggul lebih dulu melalui gol Mario Gomez menit 22 setelah mendapat umpan assist dari Xherdan Shaqiri.

Berkat kerja sama cemerlang si Super Mario dan Shaqiri, tuan rumah Munchen kian percaya diri memainkan babak kedua.

Namun, mengawali babak kedua, Munchen justru mendapatkan pukulan ketika Jerome Boateng harus keluar lapangan karena kartu merah usai melanggar Kontsevoi menit 51.

Bermain dengan 10 pemain tidak membuat serangan Munchen kendor, dan giliran Muller menggandakan keunggulan Munchen via golnya pada menit 54.

Unggul 2-0 membuat anak-anak asuh Jupp Heynckes kian agresif. Xherdan Shaqiri yang tampil gemilang sejak awal pertandingan, menambahkan satu gol bagi Munchen untuk keunggulan 3-0 hingga menit 65.

Pada menit ke 68, Munchen semakin di atas angin karena BATE juga harus bermain dengan 10 pemain. Denis Polyakov mendapatkan kartu merah dan harus keluar lapangan.

Tiga gol rupanya belum cukup bagi Munchen. Alaba, pemain pengganti yang masuk menit 64, kian mengukuhkan kemenangan Munchen melalui golnya pada tujuh menit menjelang 90 menit pertandingan.

Menghadapi gempuran terus menerus dari Munchen, kubu BATE lebih banyak mengandalkan serangan balik, namun dua peluang emas melalui Artem Konstevoi dan Vitali Rodianov belum mampu menggetarkan jala gawang tuan rumah yang dijaga Neuer.

BATE baru bisa memperkecil kekalahan pada menit-menit akhir pertandingan melalui Filipenko pada menit 89, satu-satunya gol untuk klub Belarusia dalam pertandingan itu.

"Semua dalam tim menikmati pertandingan malam ini. Kami ingin memberikan performa bagus dan menyelesaikan babak (penyisihan) grup dengan satu kemenangan. Kami tahu BATE tim yang bagus yang ingin bermain dengan serangan balik, tapi setelah unggul 1-0 kami semakin meningkatkan serangan dan mencetak lebih banyak gol," kata Xherdan Shaqiri kepada uefa.com.

Dengan hasil pertandingan di Grup F itu, BATE tidak lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Bayern Munchen bersama Valencia melaju ke babak selanjutnya.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012