Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim mengatakan masih menunggu kepastian terkait daftar cabang olahraga dan atlet yang akan berangkat ke SEA Games XXXII/2023 Kamboja.

Lexy mengungkapkan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia, dan tim review SEA Games 2023 akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo terkait hal tersebut dalam waktu dekat.

“Harusnya hari ini ada rapat tim review dan selanjutnya bertemu dengan Menpora. Mudah-mudahan ketika Menpora sudah dapat paparan dari tim review maka dalam satu atau dua hari ini kita dapat titik terang terkait kontingen dan cabor yang akan diberangkatkan ke SEA Games,” papar Lexy saat ditemui di Jakarta, Selasa.

“Kami di CdM sifatnya menunggu dan mudah-mudahan besok bisa bertemu Menpora setelah mendapatkan masukan dari Tim Review Kemenpora yang kemarin rapat sampai larut malam,” imbuhnya.

Baca juga: CdM SEA Games 2023 taruh harapan pada Menpora Dito Ariotedjo

Terkait koordinasi dengan Kemenpora, Lexy mengatakan optimistis semua komunikasi bisa terus berjalan dengan baik.

“Koordinasi dengan Menpora, kami optimistis dan baik akan diupayakan koordinasi antar-stakeholder. Sesuai komitmen CdM yang juga mengutamakan koordinasi, komunikasi, dan sinkronisasi seluruh hal dengan stakeholder dan seluruh cabor. Kami menyambut baik dan optimistis untuk para atlet di SEA Games mendatang,” ujar Lexy.

Sementara itu, tim CdM SEA Games pun aktif melakukan kunjungan ke beberapa cabang olahraga untuk memantau serta memberikan dukungan kepada para atlet jelang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“Kami sejauh ini berinisiatif melakukan kunjungan ke beberapa cabor. Kemarin kami ke tiga cabor yaitu pencak silat, taekwondo, dan voli indoor,” kata Lexy.

“Saya juga diundang secara khusus oleh Kemenpora ke rapat mereka terkait finalisasi penentuan kontingen yang akan dikirim untuk SEA Games,” tambahnya.

Baca juga: Tim CdM lakukan simulasi demi kelancaran kontingen pada SEA Games 2023
Baca juga: CdM upayakan makanan atlet aman selama di SEA Games Kamboja


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023