Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk menangani kasus Bupati Garut dengan cepat dan memenuhi rasa keadilan, khususnya bagi perempuan.

"Saya minta perhatian suadara berkaitan dengan isu yang sedang mendapatkan atensi masyarakat luas yaitu apa yang terjadi di Garut menyangkut apa yang dilakukan Bupati Garut. Meskipun saya sudah menyampaikan arahan baik kepada Mendagri maupun Gubernur Jabar, tapi melalui Mensesneg saya sampaikan lagi agar penangananya sungguh cepat, tepat, dan adil," kata Presiden saat membuka rapat kabinet terbatas di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Jakarta Kamis siang membahas persiapan APEC 2013.

Kepala negara mengatakan penanganan yang tepat, cepat, dan tuntas karena menyangkut etika dan norma yang seharusnya dijunjung oleh seorang pejabat yang mengemban amanah dari masyarakat.

"Negeri ini tentu memiliki etika, tata krama dan norma-norma kepatutan yang perlu dilakukan kita semua. Apalagi sebagai seorang pejabat pemerintah yang mengemban amanah. Jangan diambil sepele persoalan ini, saya minta ditangani dengan cepat dan tuntas tapi tidak perlu secara emosional, tapi mendidik dan tentu memberikan ketegasan kepad semua (pihak-red) bahwa norma, etika dan tata krama perlu diteggakan di negeri ini," tegas Presiden.

Kepala Negara menambahkan,"saya ingin mendapatkan laporan dari mendagri yang telah berkonsultasi dengan gubernur Jabar apa yang akan dilakukan, harus dilaporkan kepada saya agar tepat dan bisa memenuhi rasa keadilan bagi semua termasuk keadilan kepada kaum perempuan."

(P008/C004)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012