Jakarta (ANTARA News) - Australia melalui program AusAID mendukung upaya Indonesia menangani HIV/AIDS dengan memberikan bantuan dalam pembuatan Film "Cinta Dari Wamena" yang akan ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia pada Maret 2013.

Australia telah mendukung upaya Indonesia untuk menangani HIV/AIDS selama lebih dari 12 tahun. Demikian disebutkan siaran pers Kedutaan Besar Australia yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Jumat.

AusAID memberikan bantuan sebesar 25 juta dolar Australia untuk membantu meningkatkan akses layanan HIV/AIDS di Provinsi Papua dan Papua Barat dan kesadaran masyarakat untuk menerima perawatan yang mereka butuhkan.

"Film ini diprakarsai oleh pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang akan digunakan sebagai media alternatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap HIV/AIDS, khususnya untuk menurunkan stigma dan diskriminasi masyarakat terhadap Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA)," kata Unit Manager HIV AusAID Adrian Gilbert.

Film ini disutradai oleh Lasja Susatyo dan diperankan oleh Nicholas Saputra dan Susan Bachtiar yang bercerita tentang persahabatan tiga orang anak yang menghadapi rintangan kehidupan di Wamena sebagai upaya pencapaian impian mereka.

Adrian menambahkan film itu merupakan medium yang sangat kuat untuk melibatkan penonton sebagai salah satu strategi untuk memberikan informasi mengenai cara mengurangi penularan HIV/AIDS.

Setelah film tersebut rilis di tahun 2013, AusAID akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, organisasi masyarakat, sekolah dan universitas untuk melakukan sosialisasi HIV/AIDS di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, dan Papua Barat.
(A025)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012