Jakarta (ANTARA) - Penasihat Relawan Ganjar Pranowo Presiden (GPP) DPD DKI Jakarta Petrus Bala Pattyona menegaskan pihaknya tetap berkomitmen mendukung Ganjar di tengah terpaan isu pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Saya selaku penasihat dari tim untuk Bapak Ganjar secara konsisten akan tetap mendukung Pak Ganjar sekalipun sekarang dengan adanya isu mengenai gagalnya piala dunia. Akan tetapi, buat kami tidak akan surut memperjuangkan Bapak Ganjar Pranowo," ujar Petrus dalam konferensi pers "Sejuta Tanda Tangan untuk Ganjar Pranowo" di Rumah Singgah Ganjar, Jakarta, Rabu.

Ia mengaku belum melihat hasil survei terbaru mengenai elektabilitas Ganjar Pranowo usai menolak partisipasi Tim Nasional (Timnas) Israel di Piala Dunia. Meski begitu, GPP sebagai akar rumput akan terus berjuang menjadikan Ganjar sebagai presiden.

"Kami berdoa supaya elektabilitas Bapak Ganjar tetap teratas. Sekarang partai pengusungnya kami sama-sama mengintip. Kalau partai yang dia bernaung belum dideklarasikan, ke mana pun Pak Ganjar kami tetap mendukung," katanya.

Relawan Ganjar meluncurkan program "Sejuta Tanda Tangan" pada hari Rabu. Ketua DPD DKI GPP Nazarudin Lubis mengatakan bahwa GPP yang dideklarasikan bantaran Kali Ciliwung pada tanggal 10 November 2021 bertekad dan bertujuan menghantarkan Ganjar Pranowo untuk menang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kami akan memulai dengan program sejuta tanda tangan untuk Ganjar dilanjutkan dengan program-program masyarakat di lima wilayah DKI dan Kepulauan Seribu," ujar Nazarudin dalam konferensi pers "Peluncuran Sejuta Tanda Tangan".

Menurut dia, pendiri dan pengurus GPP tidak berafiliasi dengan partai mana pun sehingga pihaknya dapat mandiri dan tidak terbebani dengan kepentingan-kepentingan apa pun yang hanya berfokus agar memperjuangkan aspirasi masyarakat. Adapun tanggapan dan respons dari masyarakat kalangan bawah hingga atas mendukung program kerja GPP.

"Terbukti dari beberapa survei dan riset, paguyuban pedagang bakso, pedagang siomay, gado-gado, dan seluruh pedagang sembako di pasar seluruh DKI Jakarta memberikan respons positif dan 100 persen mendukung Ganjar," kata dia.

Ia menyebutkan sampai dengan Maret 2023, elektabilitas bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mencapai 35,5 persen. Nazarudin juga menilai sosok ganjar adalah seseorang yang tepat untuk meneruskan program kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Relawan Ganjar Pranowo deklarasikan "Sejuta Tanda Tangan" di Jakarta
Baca juga: Benny Kisworo sebut Ganjar paham peta jalan Indonesia

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023