Pekanbaru (ANTARA News) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Riau bersama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggelar acara "Anugerah Hijau" Jilid dua bertema "Mitigasi Pemanasan Global Dalam Perspektif Pemuda".

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggugah mahasiswa agar ikut peduli dengan lingkungan dan dampak pemanasan global yang kini mulai terlihat dampaknya," kata Kepala Biro LKBN ANTARA Biro Riau, Maswandi, di Pekanbaru, Jumat.

Dalam acara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 tahun ini, demikian Maswandi, nantinya akan diisi oleh berbagai kegiatan yang salah satunya yakni pelatihan penulisan ilmiah populer dan lomba penulisan artikel memperingati Hari Pahlawan tahun 2012 bertema "Mitigasi Pemanasan Global Dalam Perspektif Pemuda".

Bicara soal pemanasan global dan bagaimana mengantisipasinya, kata Maswandi, ANTARA sebagai lembaga kantor berita terbaik sebelumnya juga telah berbuat nyata dengan menggelar kegiatan lingkungan bertemakan "ANTARA Menaman 2011".

Pada acara ini, ANTARA berpartisipasi melestarikan kawasan hijau dengan menanam 10 ribu batang pohon di Siak, Provinsi Riau, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat.

Untuk itu, lanjut Maswandi, pada acara "Anugerah Hijau" Jilid dua kali ini (sebelumnya juga sempat dilaksanakan di tahun 2011), diharapkan dapat memberikan pencerdasan bagi kalangan generasi muda untuk turut serta menjaga lingkungan guna mencegah pemanasan global.

Acara kali ini juga didukung oleh BNI Syariah Cabang Pekanbaru.

Ketua Panitia Pelaksana, Uluan Manurung, mengatakan, pemanasan global (global warming) kini menjadi kata yang paling sering di dengar dalam kehidupan sekitar.

"Ancaman pemanansan global jug aseharusnya menjadi tanggungjawab bersama khususnya bagi generasi muda yang sewajibnya turut bertanggungjawab untuk menjaga lingkungan demi keberlanjutan kehiduman di masa-masa selanjutnya," katanya.

Untuk diketahui, demikian Uluan, bahwa pemanasan global salah satunya juga dipicu oleh gaya hidup manusia yang berlebihan dalam sehari-harinya.

"Semisal penggunaan alat-alat rumah tangga yang berlebihan dan lainnya. Nah, kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan kalangan muda untuk turut menjaga lingkungan disekitar tempat berada. Cara seperti sudah cukup baik untuk mencegah dampak yang lebih parah dari pemanasan global," katanya.

Satu lagi nasehat "orang pintar" yang merupakan pakar lingkungan, demikian Uluan, sebaiknya juga kesadaran itu muncul sejak dini sehingga keutuhan lingkungan yang sehat dapat dipertahankan dimasa yang panjang.

"Maka dari itu pula, dalam kegiatan ini ANTARA melibatkan para pemuda dengan tidak lepas dari peringan Hari Pahlawan tahun 2012," katanya.

Kegiatan "Anugerah Hijau" Jilid dua nantinya akan dilaksanakan pada Sabtu, 24 Nopember 2012, bertempat di Ruang Multi Media Kantor Wali Kota Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB.
(KR-FZR/M027)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2012