Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono mengatakan dirinya tengah mengajak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk ikut memberikan potongan harga (diskon) jalan tol saat mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2023.

"Ini ada dari BUJT lain sedang kami ojo-ojo (mendorong) itu. Itu (diskon) tidak bisa ditetapkan karena itu investas jadi mereka harus usul baru saya tetapkan," kata Basuki usai Rapat Koordinasi Kesiapan Idul Fitri 2023 di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.

Basuki menyebut, pihaknya baru menerima usulan dari Asosiasi Tol Indonesia (ATI) untuk memberikan diskon sebesar 20 persen di ruas tol Jakarta Cikampek.

Diskon berlaku di dua ruas jalan tol yakni Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip (Jawa Barat). Diskon 20 persen diberikan pada H-5 sampai H-6 tanggal 16--17 April untuk arus mudik. Kemudian untuk arus balik pada H+4 dan H+5 atau tanggal 27 dan 28 April 2023.

Baca juga: Menteri PUPR dorong asosiasi beri diskon tarif jalan tol selama mudik

Baca juga: Basuki: diskon tarif tol 15 persen sebar arus balik agar tak menumpuk


"Jadi baru (dua) itu yang baru dapat usulan jadi yang diusulkan oleh ATI untuk diskon tarif tol di ruas Tol Cikampek ini masih menunggu mudah-mudahan di ruas lain juga ada disko nya," ujar Basuki berharap.

Menurut Basuki, pemberian diskon tol pada saat mudik ini bertujuan mengurai kemacetan dengan menyebar konsentrasi masyarakat agar menyiapkan perjalanan mudik tidak serentak atau menumpuk pada H-3 maupun H+4 arus balik.

"Justru diskon nya didahulukan supaya 'nyebar' orang, jadi, misalnya, orang tanggal 19 mulai libur ini jadi dimajukan. Jadi untuk mengurai kemacetan," tutur Basuki.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek dalam rangka memaksimalkan distribusi lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023