Jakarta (ANTARA News) - Petenis putri Indonesia, Ayu Fani Damayanti, berhasil meraih tiket ke final setelah mengalahkan Akari Inoue dengan skor 6-2, 7-6(1) pada babak semifinal turnamen tenis internasional Martina Wijaja Championships di lapangan tenis Senayan GBK, Sabtu.

Ayu, yang merupakan perwakilan tuan rumah satu-satunya di nomor tunggal putri, menang mulus atas Akari pada set pertama dengan skor 6-2.

Namun pada set kedua permainan Ayu tidak semaksimal set sebelumnya. Ayu, yang merupakan unggulan kedua, dikawal ketat oleh petenis asal Jepang tersebut.

Sempat memimpin permainan hingga game ke-5, Ayu dibalap oleh unggulan kedelapan dari Jepang itu sehingga dipaksa bermain tie break.

"Tetapi saya bangkit lagi meskipun sempat kekejar. Seharusnya set kedua tadi tidak seketat itu, tetapi saya hilang fokus karena keletihan," ujar petenis asal Bali itu usai pertandingan.

Ayu berhasil mempertahankan kemenangan dengan meninggalkan Akari di tie break dengan skor 7-1 walaupun otot punggungnya sedang nyeri sehingga agak mengganggu ketika ia melakukan servis.

"Apalagi dia tipe ulet, tipe permainannya seperti cowok kalau servis sering kasih pukulan voli," kata Ayu yang bersyukur bisa lolos ke final.

Pada babak final nanti, petenis putri nomor satu Indonesia itu akan ditantang oleh unggulan pertama asal China, Lu Jia-Jing.

Keduanya bertemu di turnamen Thailand tahun lalu, saat itu Ayu berhasil mengalahkan Lu.

"Dulu menang sama dia tapi lewat rubber set. Pola permainannya tipikal pemain China, ulet. Tetapi saya optimis," kata Ayu yang akan melanjutkan bermain ganda bersama rekannya, Lavinia Tananta, di babak final.

(M047)

Pewarta: Maryati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2012