Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya meningkatkan kemampuan intelijen Polisi Rukun Warga (RW) sebagai upaya menjaga keamanan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
 
"Mungkin saya hanya memoles kemampuan keterampilan polisi ini kita tingkatkan, dia harus sebagai seorang intelijen, sebagai seorang negosiator dan sebagai seorang pemecah masalah," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto saat ditemui di Jakarta, Kamis.
 
Karyoto juga menambahkan bahwa program Polisi RW merupakan program Kapolda sebelumnya yang bagus sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan.
 
Polisi RW merupakan program inovasi Polri untuk meningkatkan pelayanan serta untuk lebih dekat dengan masyarakat.
 
Implementasi dari program ini adalah menempatkan satu polisi untuk satu RW. Namun, personel polisi yang bertugas pada program ini di luar dari anggota Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing kecamatan dan kelurahan.
 
Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat Rukun Warga. Jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya.
 
Polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggungjawab atas keamanan di wilayahnya. Mereka diwajibkan untuk bertemu secara berkala dengan ketua RW, ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar.
Baca juga: Polisi RW bongkar praktik peredaran miras di Palmerah

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023