Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan menjelang mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

Kepada Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus,di Medan, Kamis, mengatakan, pemeriksaan ini akan dilaksanakan Senin 10 April 2023.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan kendaraan memenuhi persyaratan layak jalan.

“Nanti secara teknis itu penguji kita yang memastikan, sistem tekanan, sistem rem lalu ini semua ini akan dipastikan oleh penguji," ujarnya.

Agustinus menjelaskan pihaknya juga akan memeriksa pengemudi atau sopir. Pemeriksaan ini akan dilakukan bekerja sama dengan Dirlantas Polda Sumut, BNN Sumut, dan Dinas Kesehatan Sumut.

“Lalu kita mematikan kesiapan si sopirnya juga. Ada pemeriksaan kesehatan, ada memberikan vitamin pada pengemudi, disamping itu juga kita lakukan tes urine," ujarnya.

Hal itu dilakukan mengingat saat Hari Natal dan Tahun Baru 2022 masih banyak ditemukan obat- obatan terlarang yang dimiliki pengemudi khusunya pada sopir di Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota dalam Provinsi (AKDP).

"Ini menjadi sangat penting karena ini masih juga kita temukan di Nataru kemaren, masih kita temukan penggunaan obat-obatan terlarang, baik pengemudi khususnya di angkutan AKDP dan AKAP," ujarnya.

Agustinus juga mengatakan pihaknya mencatat poin penting yang kerap akan menjadikan permasalahan setiap mudik lebaran Idul Fitri, yakni, lonjakan penumpang, kemacetan, cuaca ekstrim dan lakalantas.

Karena itu, kata Agustinus, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah-langkah pencegahan, dengan menejunkan tim meninjau titik-titik rawan di ruas jalan nasional yang akan digunakan para pemudik nantinya.

Beberapa jalan nasional yang kita survei dan petakan, soal macet longsor dan rawan laka lantas, ketiga cuaca ekstrim yang mengakibatkan terkendala pada mobilitas di jalan.

"Setelah ini kita akan koordinasikan dengan kabupaten kota, dan rekomendasikan langkah-langkah antisipasi kalau belum tersedia rambu nanti akan kita rekomendasikan juga," ujarnya.


Baca juga: Polres Gunung Kidul perketat pemeriksaan kendaraan luar DIY

Baca juga: Polres Cianjur perketat pemeriksaan kendaraan pemudik

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023