Beijing (ANTARA News) - Gerai restoran masakan Padang kini mulai merambah Beijing, berusaha menambahkan cita rasa Indonesia ke ragam kuliner di kota metropolis yang menjadi Ibu Kota China itu.

Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan meresmikan meresmikan restoran Padang yang kata dia merupakan yang pertama di Beijing itu pada Sabtu.

"Ini merupakan langkah positif yang harus dihargai untuk lebih memperkenalkan kuliner Indonesia di mancanegara, khususnya di Negeri Panda," katanya.

Imron mengatakan, masyarakat China dan Indonesia bisa lebih saling mengenal melalui budaya dan kuliner, sehingga hubungan bilateral kedua negara bisa semakin kokoh.

Pendiri restoran padang itu, Yusuf Mah, menamai restorannya "Padang" karena obsesinya terhadap masakan Padang.

"Masakan Padang sudah sangat terkenal di Indonesia dan beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam. Dan karena saya terobsesi akan masakan dan kuliner Padang, maka saya dirikan restoran Padang dengan nama 'Padang'," katanya.

Yusuf Mah yang juga memiliki usaha biro perjalanan muslim China itu berharap masakan dan kuliner dapat diterima dan populer di Beijing, khususnya dan China umumnya.

Restoran "Padang" berada di salah satu jantung kota Beijing, dekat dengan kawasan kantor perwakilan negara-negara sahabat "Sanlitun."

Rumah makan seluas 1.200 meter persegi itu menyajikan masakan khas Indonesia utamanya Minang seperti rendang, sate Padang, soto Padang, gulai dan berbagai balado.

Yusuf mendatangkan empat juru masak dari Indonesia untuk dapat menyajikan aneka masakan Indonesia sesuai cita rasa aslinya.

(R018)



Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2012