Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan Gema Ramadan 1444 Hijriah yang menghadirkan lomba Hifzil Qur'an yang diikuti sebanyak 200 anak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Faisal Sehuddin melalui keterangannya di Makassar, Kamis mengatakan, Gema Ramadan ini akan diisi beberapa lomba di antaranya lomba Hifdzil Quran dan lomba ceramah tingkat SD dan SMP.

"Lomba ini diikuti kurang lebih 200 siswa-siswi tingkat SD dan SMP, selain itu kita juga ada kegiatan pembagian takjil," ujar Faisal.

Kegiatan yang mengangkat tema "Kuatkan Aqidah, Perbaiki Akhlak, Sebarkan Kebaikan’, berlangsung selama 10 hari, sejak 5-15 April 2023 mendatang.

Acara yang digelar di Pusat Jajanan Kuliner dan Cendera Mata (Pusat Oleh-oleh Sidrap) Kelurahan Bangkai, Kecamatan Watang Pulu, itu resmi dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal mewakili Bupati Sidrap sehari sebelumnya.

Baca juga: Anak-anak Indonesia di Qatar ikuti lomba Festival Ramadhan
Baca juga: Ma Parada helat festival gendang sahur semarakkan Ramadhan

Muhammad Iqbal menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Gema Ramadan yang diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat sekaligus sejalan dengan visi misi Bupati Sidrap yakni menjadikan Kabupaten Sidrap sebagai daerah yang religius

Iqbal mengingatkan bahwa, tantangan di era sekarang ini sangat berat sehingga diperlukan metode pola asuh anak sejak dini dengan mengajarkan kebaikan dan nilai-nilai Islami.

"Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi anak-anak kita karena terkait masalah pendidikan akhlak sehingga ke depannya dapat membangun generasi yang lebih cerdas," urainya.

Pembukaan Gema Ramadan turut dihadiri sejumlah OPD diantaranya Kepala Bapenda, Muhammad Yusuf, Kadis Perhubungan, H.A. Bahari Parawansa, Kasatpol PP dan Damkar, Usman Demma, Camat Watang Pulu, Andi Surya Praja Hadiningrat.

Baca juga: Malam likuran Ramadhan di Lingga dimeriahkan perlombaan meriam bambu

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023