Jakarta (ANTARA News) - Tendangan bebas Robin van Persie pada menit 92 berhasil membuat Manchester United menang 3-2 atas Manchester City di Etihad Stadium dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris, Minggu.

Penyerang asal belanda itu berhasil melesakkan bola dari sisi kiri pertahanan City ke pojok kanan gawang Joe Hart. Kiper timnas Inggris tersebut tidak bisa membendung karena bola sempat berubah arah akibat pantulan pemain yang menjadi pagar betis.

Pada babak pertama, MU unggul 2-0 lewat dua gol Wayne Rooney yang memanfaatkan serangan balik. Penyerang berusia 27 tahun itu berhasil menceploskan bola ke gawang City masing-masing menit 15 dan 28.

Lalu City berhasil menyamakan kedudukan 2-2 di babak kedua lewat gol Yaya Toure dan Zabaleta. Toure melakukan tendangan keras dari kotak penalti setelah terjadi kemelut ditengah gawang De Gea pada menit 60.

Gol Zabaleta dicetak pada menit 85 juga lewat tendangan keras, tapi kali ini berawal dari sepak pojok yang didapatkan oleh City. Zabaleta berhasil menerima umpan dengan baik dan langsung melepaskan tendangan yang tidak bisa dibendung De Gea.

Pada saat pertandingan sepertinya akan berakhir seri, justru MU membangkitkan serangan. Alhasil tendangan van Persie berhasil membuat MU menang 3-2 pada menit-menit akhir pertandingan.

Secara kesuluruhan City berhasil melakukan penguasaan bola 56 persen, namun mereka kalah dari serangan balik, karena terlalu asik menyerang.

MU terlihat lebih baik dalam memanfaatkan peluang dari serangan balik. Kecepatan Ashley Young cukup membuat pemain bertahan City kewalahan.

Dengan hasil tersebut, United aman di puncak klasemen dengan poin 39, berselisih enam poin dari City yang berada di peringkat dua. 

Ini adalah kekalahan pertama anak-anak asuh Roberto Mancini di musim ini. 

(lod)

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2012