Quito (ANTARA News) - Presiden Venezuela Hugo Chavez, Selasa (11/12), menjalani operasi di Ibu Kota Kuba, Havana, untuk mengobati kankernya, kata Presiden Ekuador Rafael Correa.

"Seorang rekan dan teman tercinta sedang mejalani pemeriksaan yang paling berat dalam hidupnya ... Hugo Chavez sedang menjalani operasi saat ini," kata Correa saat pembukaan pertemuan pertama Kabinet Dwi-Nasional Ekuador-Kolombia di Kota Tulcan, Ekuador.

Correa, Senin (10/12), terbang ke Havana untuk menjenguk dan menyokong Chavez dan pulang ke Quito pada Selasa.

Ia menulis di dalam posting Twitter, "Baru pulang dari Havana, Saya mengunjungi Chavez dan bertemu dengan Raul serta Fidel Castro. Chavez berada dalam semangat tinggi, ia memberi kekuatan kepada semua!"

"Hugo Chavez tidak sendirian dalam perang ini. Kami berada di sini untuk memberi dia pelukan atas nama rakyat Ekuador. Ia adalah presiden bersejarah dan seorang teman yang luar biasa," kata Correa kepada wartawan di Havana sebelum kembali ke negaranya, demikian laporan Xinhua.

Pada Selasa pagi, Menteri Komunikasi dan Informasi Venezuela Ernesto Villegas mengatakan di Karakas bahwa Chavez akan menjalani operasi pada Selasa.

Chavez (58) pertama kali didiagnosis menderita kanker pada 2011 dan sebelumnya telah menjalani tiga operasi.

Sebelum pergi ke Kuba pada Sabtu (8/12), Chavez telah menunjuk Wakil Presiden Nicholas Maduro sebagai penggantinya kalau ia tak bisa melaksanakan tugas.
(C003)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2012