Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Perairan Selat Sunda bagian utara yang menjadi lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni terpantau kondusif dengan ketinggian gelombang 0,5 sentimeter sampai 1, 25 meter.
 
"Kami menjamin tinggi gelombang penyeberangan Merak-Bakauheni relatif aman dan normal," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tarjono dalam keterangannya di Serang, Selasa.
 
BMKG menjamin bahwa penyeberangan kapal melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung sepanjang Selasa (11/4) relatif normal.
 
Sebab, ujar dia, tinggi gelombang Perairan Selat Sunda bagian utara dalam rentang 0,5 sampai 1,25 meter.
 
Begitu juga arus gelombang bergerak menuju ke arah Timur Laut dengan kecepatan berkisar 0,8 - 1,1 m/s.
 
Selain itu juga arah dan kecepatan angin, dari arah Tenggara dengan kecepatan 5 - 10 knot atau 20 kilometer/jam.
 
Dengan demikian, kata dia, kondisi cuaca Selat Sunda bagian utara Merak- Bakauheni aman untuk penyeberangan.
 
"Kami meyakini penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal dan aman," katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan, sebagian daerah di Banten waspada potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir.
 
Cuaca buruk tersebut melanda Kabupaten Pandeglang bagian Barat juga wilayah Kota Cilegon, Kabupaten Serang bagian Barat dan Utara, Kota Serang serta Kabupaten Tangerang bagian Utara.
 
"Kami minta warga meningkatkan kewaspadaan jika cuaca buruk melanda daerah itu," katanya menjelaskan.
 
Ia juga mengatakan, sebagian wilayah Banten juga pagi hari berawan dan hujan ringan di Carita, Labuan, Panimbang, Cimanggu, Cikeusik, Pandeglang, Malingping, Gunung Kencana, Bojongmanik, Cibeber, Bayah, Sajira, Rangkasbitung, Anyer, Padarincang, Cikeusal, Baros, Serang.
 
Selanjutnya, pada siang hari berawan dan hujan sedang di Panimbang, Carita, Labuan juga hujan ringan di Cikeusik, Munjul, Sindangresmi, Gunung Kencana, Bojongmanik, Cibeber, Rangkasbitung, Serang, Ciruas, Tanara, Balaraja, Tangerang, Serpong.
 
Sedangkan malam hari berawan dan juga hujan ringan, sedang terjadi dini hari di Cikeusik dan Malingping.
 
Suhu udara 23 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60 – 95 persen juga angin dari arah Barat Daya hingga Barat dengan kecepatan 05 – 45 km/jam.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023