Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyebut operasi pasar murah pada Ramadhan 1444 Hijriah ikut membantu menstabilkan harga  bahan pokok melalui kemudahan yang diberikan.

Ali membandingkan dengan kondisi sebelum Ramadhan yang mana harga beberapa bahan pokok sempat mengalami kenaikan.

"Tapi selama Ramadhan  kami melihat (harga di pedagang pasar) enggak naik, mudah-mudahan bisa sampai akhir Ramadhan kebutuhan masyarakat terpenuhi, stoknya cukup," kata Ali saat melakukan peninjauan  pasar murah di Jakarta Utara, Selasa.

Wali Kota Jakarta Utara mengunjungi pasar murah  di Kantor Kecamatan Cilincing pada Selasa setelah sebelumnya melakukan sidak di Pasar Mandiri Kelapa Gading dan gerai Lotte Mart Kelapa Gading untuk melihat kondisi stok dan harga bahan pangan.

Di Pasar Mandiri Kelapa Gading, pedagang daging sapi Kasim Haryanto (45) menjual daging di kisaran harga Rp140 ribu sampai dengan Rp150 ribu per kilogram.

"Saya sih biasanya kasih diskon Rp5.000 sampai dengan Rp10.000 kalau belinya lebih dari dua kilogram," kata Kasim.

Menurut Kasim, pasokan dan harga sekarang masih stabil, tapi biasanya H-3 lebaran harga mulai beranjak naik lagi, yang diprediksi mencapai Rp180.000 hingga Rp190.000 per kilogram ketika tanggal semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Harga beras di pasar tradisional Kelapa Gading itu rata-rata turun sampai Rp300. Sedangkan harga minyak goreng stabil di angka Rp14 ribu. Lalu harga bawang putih Rp25 ribu per kilogram dan bawang merah Rp40 ribu per kilogram.

Ali berharap harga dan pasokan barang pokok di pedagang yang stabil seperti ini bisa terus dipertahankan hingga mendekati Idul Fitri 1444 Hijriah.
Baca juga: Mendag: Beberapa harga bahan pangan di Jakarta turun
Baca juga: Pemkot Jakbar terus gelar operasi pasar untuk tekan harga pangan
Baca juga: Jokowi tinjau harga pangan jelang Lebaran di dua pasar Jakarta


Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023