Kapuas Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menyalurkan bantuan pangan berupa beras kepada 18.908 keluarga penerima manfaat di kabupaten tersebut.

"Pemerintah akan selalu berupaya meringankan beban masyarakat, salah satunya dengan bantuan pangan tersebut," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat pelepasan penyaluran bantuan pangan, di Kapuas Hulu, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 18.908 keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan pangan tersebut. Masing-masing KPM mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram per bulan selama tiga bulan.

Baca juga: 5.862 KPM di Barito Selatan dapat bantuan cadangan pangan

Dia berharap bantuan pangan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat dan penyalurannya tepat sasaran.

Dia mengatakan, pemerintah terus berupaya membantu masyarakat dengan berbagai program bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, di antaranya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

"Saya minta masyarakat yang menerima bantuan pemerintah tersebut agar menggunakannya dengan sebaik-baiknya," kata Wahyudi.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo salurkan bantuan pangan untuk 92 ribu warga

Dalam kesempatan itu, Wahyudi juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Sosial dan PPPA Kapuas Hulu, Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, Perum Bulog KCP Putussibau beserta jajaran dan semua pihak terkait sehingga terbangun sinergitas terutama dalam penyaluran bantuan pangan untuk masyarakat.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Pembantu Perum Bulog Putussibau M Azwar Fuad mengatakan, dalam penyaluran bantuan pangan untuk masyarakat, pihaknya akan mendistribusikan hingga ke desa.

Baca juga: Sebanyak 283.562 keluarga di Garut dapat bantuan beras

"Untuk beras bantuan pangan itu akan kami salurkan ke masing-masing desa. Selanjutnya KPM mengambil ke balai desa masing-masing," kata Fuad.
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat melepas penyaluran beras cadangan pemerintah untuk bantuan pangan warga di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (13/4/2023). ANTARA/HO-Prokpim Setda Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023