Boyolali (ANTARA News) - Dua rumah warga di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengag, rusak setelah diterjang tanah longsor.

Camat Cepogo Siti Askariyah di Boyolali Kamis menjelaskan, rumah yang terkena tanah longsor milik Cipto Surip (55) warga Dukuh Taring RT 07 RW 1 dan Eko Sumanan (32) warga Dukuh Wonoganggu, Cepogo.

Pemerintah Kecamatan Cepogo sudah mengirimkan bantuan makanan kepada korban dan warga sekitar yang bergotong royong membersihkan material longsor.

Menurut Siti Askariyah, kejadian tanah longsor yang menimpa rumah warganya pada Rabu (12/12) tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Menurut korban Cipto Surip, peristiwa tanah longsor yang menimpa rumahnya tersebut ketika terjadi hujan deras di desanya saat anggota keluarganya sedang istirahat di ruang tengah.

Namun, dirinya bersama keluarganya langsung menyelematkan diri keluar rumah saat tiba-tiba tembok rumahnya jebol diterjang tanah longsor dari talud tebing di atas rumahnya.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, tanah longsor juga menerjang rumah milik Eko Sumanan di Dukuh Wonoganggu, yang mengakibatkan dinding di ruang dapur rusak berat.

Saat kejadian anggota keluarga Eko sedang berada di ruang depan.

Kepala Polsek Cepogo, AKP Bambang Rusito, saat dikonfirmasi kejadian tanah longsor yang menimpa dua rumah warga membenarkan. Setelah kejadian pihaknya memerintahkan anggotanya ke lokasi Rabu (12/12) malam.

(B018/A035)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012