Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, terus ikut dalam sejumlah tender pembangunan sejumlah proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) seperti pembangunan jalan tol, pembangunan rumah susun aparatur sipil negara (ASN), dan TNI/Polri.

"Untuk tender pembangunan proyek di IKN, perseroan aktif ikut tender dan beberapa di antaranya sudah ada yang berjalan dan sedang dibangun seperti istana presiden dan wakil presiden," kata Direktur Utama PT PP Novel Arysad kepada pers usai RUPS Tahun Buku 2022 di Jakarta, Rabu.

Dikatakan, perseroan tetap optimistis memperoleh kontrak lagi di 2023 ini mengingat masih ada sejumlah proyek yang sedang ditenderkan di IKN dan tempat lain.

Dikatakan Novel, perseroan secara aktif mengikuti sejumlah tender yang dilakukan pemerintah dalam membangun sejumlah proyek di IKN yang nantinya akan menjadi pusat pemerintahan Indonesia.

Untuk jalan tol IKN yang menghubungkan segmen SP. Tempadung-Jembatan Pulau Balang, perseroan mendapat nilai kontrak Rp687 miliar dengan waktu pekerjaan 630 hari.

Sementara untuk pembangunan jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat, perseroan mendapat nilai kontrak Rp424 miliar dengan waktu pekerjaan 574 hari, sementara persiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) nilai kontraknya Rp280 miliar, dengan waktu pekerjaan 360 hari.

Sejumlah proyek lain yang disasar perseroan selain tiga proyek yang sudah dipegang itu, antara lain istana, kantor kepresidenan, serta kantor kementerian koordinator yang saat ini tendernya sudah berjalan. "Sekali lagi kita tetap optimis mendapat proyek lagi di IKN karena potensinya memang masih besar," katanya.

Mengenai menghadapi tahun politik di 2023 dan Pemilu 2024, Novel mengatakan hal tersebut tidak banyak berpengaruh terhadap perseroan karena tidak banyak mengalami penurunan signifikan mengingat banyak proyek yang dibiayai APBN terus berjalan.

"Saya menilai tahun politik tidak banyak pengaruh terhadap pembangunan infrastruktur dan kita tetap memaksimalkan penyelesaian sejumlah proyek yang sedang dikerjakan," kata Novel.

Dalam RUPS dilaporkan kinerja perusahaan untuk Tahun Buku 2022 dimana pendapatan usaha (revenue) mencapai Rp18,922 triliun tumbuh sebesar 12,87 persen secara year on year (yoy) dengan laba bersih Rp366 miliar tumbuh 1,20 persen secara yoy.

Baca juga: PT PP catatkan kontrak baru Rp4,08 triliun sampai Maret 2023

Baca juga: PT PP bukukan laba bersih Rp271,69 miliar selama 2022

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023