Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I optimistis periode mudik Lebaran 2023 akan menjadi bagian dari pemulihan perusahaan setelah terdampak pandemi COVID-19.

“Proyeksi kami selama periode 14 April sampai 2 Mei ini akan hampir sama dengan kondisi normal selama sebelum COVID-19,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Jakarta, Rabu.

Faik menjelaskan, rata-rata jumlah penumpang pada periode sebelum pandemi berada di kisaran 224 ribu penumpang per hari.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik pada tahun ini naik dibandingkan dengan tahun lalu usai pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yakni dari 85 juta pemudik menjadi 123,8 juta pemudik. Faik meyakini peningkatan penumpang tersebut tentunya juga akan memengaruhi jumlah penumpang angkatan udara.

Menurut Faik, tren kenaikan jumlah penumpang telah terlihat pada 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I. Oleh karena itu, Angkasa Pura I yakin kinerja pada periode mudik tahun ini akan kembali menyamai kinerja sebelum pandemi.

Faik menambahkan, Angkasa Pura I memfasilitasi layanan operasional bandara 24 jam penuh selama periode mudik Lebaran sebagai upaya antisipasi kenaikan jumlah penumpang. Dengan begitu, maskapai yang ingin menambah armada penerbangan dapat terlayani dengan baik.

Kemudian, Faik mengatakan jajaran direksi juga akan terjun langsung ke seluruh bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I untuk memastikan kesiapan operasional perusahaan sesuai dengan harapan pemerintah.

“Ini bagian dari upaya pemulihan. Bandara kami juga siap karena dari segi kapasitas dan kualitas sudah jauh lebih baik. Jadi, kami harap mudik Lebaran ini bisa kami laksanakan secara baik,” ujar Faik.

Diketahui, PT Angkasa Pura I mencatat pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelolanya mencapai 5.269.731 sepanjang Maret 2023. Capaian tersebut menandakan tingkat pemulihan atau recovery rate Angkasa Pura I mencapai 84 persen jika dibandingkan dengan periode Maret 2019 atau sebelum pandemi berlangsung, yakni sebanyak 6.296.555 penumpang.

Baca juga: AP II aktifkan posko mudik di Bandara Soetta mulai 14 April 2023
Baca juga: PT Angkasa Pura Ambon siapkan layanan mudik gratis


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Sella Panduarsa Gareta
COPYRIGHT © ANTARA 2023