Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Rabu (12/4) yang banyak mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari pencegahan penularan malaria hingga persiapan penyelenggaraan haji 1444H/2023M.

Berikut ringkasan berita humaniora pada Rabu:

1. Minimalisir kontak nyamuk saat mudik cegah penularan malaria

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Iman Firmansyah menyebutkan dengan meminimalisir kontak dengan nyamuk saat mudik maka dapat mencegah penularan penyakit Malaria.

"Minimalisir kontak dengan nyamuk saat mudik itu dapat mencegah penularan penyakit Malaria," kata dr. Iman dalam diskusi mengenai cara pencegahan penularan malaria saat mudik yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

2. Jamaah haji 2023 dipastikan dapat makan tiga kali sehari

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan jamaah haji 1444 H/2023 M mendapatkan makan tiga kali sehari dengan bahan baku dan cita rasa Indonesia, sehingga rencana awal yang hanya dua kali (hanya makan siang dan malam,red.) karena alasan anggaran batal dilakukan.

"Kemarin makan tadinya hanya dua kali, yakni siang dan malam karena anggarannya dipotong DPR. Tapi Pak Menteri (Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,red.) minta supaya pagi tetap ada sarapan walaupun porsinya tidak sebanyak siang," kata Inspektur Jenderal Kementerian Agama Faisal, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu.

3. BNPB luncurkan Peta Mudik Aman Bencana untuk bantu masyarakat

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan Peta Mudik Aman Bencana untuk membantu masyarakat mengidentifikasi potensi bahaya selama melakukan mudik Lebaran 2023 melalui perjalanan darat.

"Peta Mudik Aman Bencana ini menyajikan informasi tingkat bahaya banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor pada jalur atau wilayah yang dilalui oleh para pemudik jalur darat," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

4. Diskominfo Semarang cek CCTV di lokasi-lokasi strategis jelang Lebaran

Menjelang Lebaran, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah mengecek kondisi kamera pemantau (Closed Circuit Television/CCTV) yang dipasang di lokasi-lokasi strategis guna memastikan perangkat berfungsi baik untuk mendukung upaya pengawasan lingkungan.

"Ada beberapa laporan kerusakan atau kebutuhan perbaikan (CCTV) dari masyarakat kaitannya dengan persiapan Lebaran ini," kata Kepala Diskominfo Kota Semarang Soenarto di Semarang, Rabu.

5. Menag: Sabar adalah kunci layani jamaah haji lansia

Menteri Agama Yaqut Qolil Qoumas mengatakan bahwa sabar adalah kunci bagi para petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) 14444 H/ 2023 M dalam melayani jamaah haji lansia.

"Saya ingin berpesan dua hal saja yang pertama sabar. Sabar adalah kunci melayani lansia. Kalau orang bilang sabar itu ada batasnya, saya berharap kepada saudara-saudara sekalian untuk bersabar tanpa batas," kata Menag pada Bimbingan Teknis Terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan PPIH Arab Saudi di Asrama Haji, Jakarta, Rabu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2023