Singapura (ANTARA) - Dolar melemah di awal sesi Asia pada Kamis, setelah data inflasi AS yang lebih dingin dari yang diperkirakan mengangkat sentimen risiko dan memicu ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menyelesaikan pengetatan moneternya setelah kenaikan terakhir kali bulan depan.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,03 persen menjadi 101,44, melayang di sekitar level terendah satu minggu di 101,40 setelah tenggelam 0,6 persen semalam.

Indeks Harga Konsumen (IHK) AS naik 0,1 persen bulan lalu setelah menguat 0,4 persen pada Februari, dengan penurunan harga bensin diimbangi oleh biaya sewa yang lebih tinggi. Para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan IHK naik 0,2 persen pada Maret.

"Sementara tren disinflasi berlanjut dan meluas di seluruh ukuran headline, core dan supercore, laporan IHK hampir tidak semuanya jelas mengenai inflasi," kata ahli strategi di Saxo Markets.

Sementara itu, risalah dari pertemuan terakhir The Fed pada Maret menunjukkan beberapa pembuat kebijakan Federal Reserve mempertimbangkan untuk menghentikan kenaikan suku bunga setelah kegagalan dua bank regional dan menyimpulkan inflasi tinggi perlu ditangani.

Risalah tersebut juga menunjukkan proyeksi staf tentang resesi ringan akhir tahun ini.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Maret dan pasar menilai peluang 70 persen untuk kenaikan 25 basis poin lainnya pada Mei, menurut Alat CME FedWatch.

Taylor Nugent, seorang ekonom di National Australia Bank, mengatakan data IHK dan risalah menyediakan banyak petunjuk untuk mereka yang melihat Fed ke depan, mencatat bahwa inflasi menunjukkan pendinginan, tetapi tidak kemajuan yang luar biasa.

Presiden Federal Reserve San Francisco Mary Daly pada Rabu (12/4/2023) mengatakan bahwa sementara kekuatan ekonomi AS, pengetatan pasar tenaga kerja, dan inflasi yang terlalu tinggi menunjukkan bahwa Fed memiliki "lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan" pada kenaikan suku bunga, faktor lain termasuk kondisi kredit yang lebih ketat dapat menjadi alasan untuk jeda.

Euro naik 0,05 persen menjadi 1,0994 dolar, setelah menyentuh tertinggi lebih dari dua bulan di 1,1005 dolar di awal sesi.

Yen Jepang melemah 0,04 persen menjadi 133,20 per dolar, sementara sterling diperdagangkan terakhir naik 0,04 persen menjadi 1,2486 dolar.

Dolar Australia turun tipis 0,01 persen menjadi 0,669 dolar AS. Kiwi turun 0,23 persen menjadi 0,621 dolar AS.

Baca juga: Emas naik 0,29 persen setelah data inflasi lebih rendah dari perkiraan
Baca juga: Minyak menguat didorong data inflasi AS lebih rendah dari perkiraan
Baca juga: Wall Street ditutup lebih rendah setelah risalah Fed dan data inflasi

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023