Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Metro, Lampung terjaga stabil jelang Lebaran.

"Dibanding tahun lalu, harga barang kebutuhan pokok pada Lebaran ini memang masih lebih murah. Seperti di Metro ini malah deflasi bukan mengalami inflasi, ini sangat bagus," ujar Zulkifli Hasan saat meninjau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Cenderawasih di Kota Metro, Kamis.

Ia menjelaskan, harga beberapa komoditas di Kota Metro mengalami penurunan  dibanding sepekan sebelumnya. Dimana, untuk telur ayam ras dijual Rp28.000 per kilogram, bawang putih kating Rp32.000 per kilogram, cabai merah besar Rp25.000, dan cabai rawit merah Rp25.000 per kilogram.

"Di Jawa Tengah harga kebutuhan bahan pokok lebih murah dibanding di Kota Metro. Tetapi ini wajar, karena Jawa Tengah penghasil bawang sedangkan kalau di Metro harus melewati berbagai daerah dan membutuhkan biaya pengiriman juga," jelasnya.

Zulkifli pun mengapresiasi Pemerintah Kota Metro yang telah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok pada Ramadhan dan menjelang Lebaran 2023 ini.

Ia juga berharap, sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok dapat terus dipertahankan.

"Terima kasih Wali Kota Metro yang berhasil membuat harga bahan pokok semakin turun menjelang Lebaran. Begitu juga kepada daerah lain, stok bahan pokok juga cukup banyak. Baru pertama kali ini menjelang Lebaran, harga mengalami deflasi," ucapnya.

Ia juga memastikan untuk stok beras pemerintah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran ini. Bahkan, pemerintah pusat saat ini sedang membagikan beras kepada 20 juta lebih masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia.

"Cadangan beras pemerintah cukup bahkan lebih. Malah sekarang ini pemerintah sedang membagikan beras untuk. Jadi setiap masyarakat kurang mampu akan mendapat 10 kilogram beras," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat dapat menghadapi Lebaran dengan tenang, karena harga bahan pokok cukup terjangkau dan pasokan tersedia.

"Masyarakat diharap belanja secukupnya, tidak perlu khawatir karena pasokannya banyak," ucap dia.

Sementara itu, untuk harga komoditas lainnya di Kota Metro dalam kondisi stabil antara lain beras medium Rp11.500 per kilogram, beras Bulog Rp9.450 per kilogram, beras premium Rp13.000 per kilogram, gula pasir Rp13.500 per kilogram, tepung terigu Rp13.000 per kilogram, minyak goreng premium Rp21.000 per liter.

Selanjutnya untuk Minyakita Rp14.000 per liter, minyak goreng curah Rp13.950 per liter, daging sapi Rp130.000 per kilogram, daging ayam ras Rp32.000 per kilogram, bawang merah Rp30.000 per kilogram dan cabai merah keriting Rp30.000 per kilogram.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi/Hendra Kurniawan
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023