London (ANTARA News) - Kapten Manchester City Vincent Kompany tidak yakin bahwa jaring-jaring semestinya digunakan di stadion-stadion untuk melindungi para pemain, sang bek mengatakan para penggemar seharusnya tidak diperlakukan seperti binatang.

Asosiasi Pesepak bola Profesional (PFA) menyarankan hal itu, menyusul derby Manchester akhir pekan lalu yang membuat wajah bek United Rio Ferdinand terluka karena dilempar koin dari tribun penonton.

"Saya tentu saja akan mengatakan kami memerlukan tindakan pencegahan namun tetap memperlakukan para penggemar sebagai manusia dan bukan hewan yang harus berada di balik kandang," kata Kompany kepada program Football Focus BBC.

"Saya pikir kami sebaiknya mengambil tindakan terhadap insiden-insiden ini dan saya telah banyak mendengar masukan-masukan untuk menggunakan jaring-jaring dan semuanya."

"Namun fakta bahwa kami dapat menaruh orang-orang di luar kurungan adalah sesuatu yang membuat sepak bola Inggris begitu istimewa," tutur pemain internasional Belanda ini.

Sembilan orang telah didakwa menyusul kekisruhan yang terjadi pada pertandingan yang dimenangi United dengan skor 3-2 itu, dan kiper Manchester City sampai harus menahan seorang penggemar yang berlari memasuki lapangan menuju Ferdinand.

"Itu tidak pernah menjadi hal bagus untuk terjadi, bukan hanya untuk Manchester City atau Manchester United, namun untuk sepak bola," tambah Kompany.

(H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2012