Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memastikan stok komoditas pangan di wilayah tersebut cukup dengan harga stabil menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kita ingin masyarakat terjamin kepastiannya dalam berbelanja, baik dari sisi keamanan, ketersediaan termasuk kestabilan harga," kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho di Jakarta, Jumat.

Terkait keamanan pangan, pihaknya telah melakukan pengecekan termasuk di pusat perbelanjaan di kawasan Kuningan. Di kawasan tersebut telah diambil sampel berbagai produk, mulai dari peternakan, perkebunan dan pertanian.

Dari hasil sampel tersebut nantinya diharapkan mampu memberikan kepastian keamanan dan kehigienisan makanan untuk dikonsumsi warga menjelang Idul Fitri.

Baca juga: Harga cabai di pasar Jakarta Selatan capai Rp80.000 per kg

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan Hasudungan A. Sidabalok menyatakan, hasil pengecekan tersebut, yakni bahan dipastikan aman dan harga relatif stabil termasuk ada beberapa harga komoditas mengalami penurunan.

"Kami menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi DKI Jakarta yang mengecek bahan pangan izin edar, KPKP cek kesegaran pangan dan Polda Metro Jaya jika menemukan kasus di lapangan," ujar Hasudungan.

Suku Dinas (Sudin) KPKP Jakarta Selatan rutin memantau stok dan harga pangan ke sebanyak 20 titik yang ada di wilayah tersebut.

Dengan adanya pengawasan ini dipastikan bahan pangan di pusat perbelanjaan Kuningan City bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, klorin dan residu pestisida.

Baca juga: Pemkot Jaksel manfaatkan lahan tak terurus jadi sumber pangan bergizi

Selain itu Sudin KPKP Jakarta Selatan (Jaksel) merinci bahan-bahan pokok pangan strategis di wilayah itu mengalami penurunan harga pada minggu kedua April 2023 dibandingkan dengan harga rata-rata komoditas pada minggu pertama.

Tercatat komoditas cabai mengalami penurunan harga Rp6,696 menjadi Rp45.800, komoditas bawang merah mengalami penurunan harga Rp1,200 menjadi Rp40.500 dan bawang putih mengalami penurunan harga Rp2,896 menjadi Rp34.700 per kilogram.

Daging sapi mengalami penurunan harga 594 menjadi Rp143.528, daging ayam mengalami penurunan harga Rp1,545 menjadi Rp38.500 dan telur ayam mengalami penurunan harga Rp396 menjadi Rp29 ribu per kilogram.

"Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa stok komoditas pangan strategis menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1444 H secara umum dalam kondisi aman dan cukup," katanya.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023