Berlin (ANTARA) - Jerman mengizinkan Polandia untuk mengirim lima jet tempur MiG-29 ke Ukraina guna meningkatkan kekuatan udara negara itu melawan invasi Rusia, kata kementerian pertahanan Jerman pada Kamis.

Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius menyatakan permintaan Polandia itu disampaikan pada Kamis, dan Berlin menyetujuinya pada hari yang sama untuk menunjukkan bahwa Jerman dapat diandalkan.

Jerman mewarisi 24 jet tua MiG-29 buatan Uni Soviet dari Jerman Timur selama reunifikasi pada 1990. Ketika itu, pesawat tersebut dianggap sebagai salah satu jet tempur tercanggih di dunia.

Pada 2004, Berlin menyerahkan 22 pesawat itu ke Polandia. Dari dua pesawat yang tersisa di Jerman, satu hancur dalam kecelakaan dan lainnya dipamerkan di museum.

Polandia membutuhkan persetujuan Berlin bila ingin mengirim jet-jet itu ke negara ketiga.

Kemenhan Polandia belum memberikan tanggapan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam kunjungannya ke Warsawa pekan lalu mengatakan bahwa Polandia akan membantu membentuk koalisi kekuatan negara-negara Barat untuk memasok jet tempur ke Kiev.

Ukraina, yang berharap dapat melakukan serangan balasan dalam beberapa pekan atau bulan mendatang, ingin memperoleh jet tempur untuk mempertahankan diri dari serangan udara Rusia.

Negara-negara Barat sejauh ini masih ragu untuk mengirimkan jet tempur canggih seperti F-16 ke Kiev, tetapi beberapa negara telah mengirim MiG-29, yang telah digunakan oleh Ukraina.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Polandia: Hubungan dengan Hongaria berubah karena Ukraina
Baca juga: Polandia serahkan kiriman pertama pesawat tempur ke Ukraina

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023