Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengimbau pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti camat, lurah dan kepala suku dinas sering melakukan tinjauan ke lapangan untuk mengetahui masalah yang dihadapi warga.

"Sekali lagi saya mengimbau agar para pimpinan SKPD, seperti camat, lurah, suku dinas, dan seluruhnya, agar sering turun ke lapangan untuk melihat kondisi secara langsung, sehingga mengerti betul persoalannya," kata Jokowi saat memberi pengarahan kepada Pejabat Eselon II Pemerintah Kota Jakarta Barat, Senin.

"Saya ingin agar tinjauan-tinjauan ke lapangan itu lebih sering dilakukan oleh wali kota, lurah, camat atau para pejabat lainnya, bukan malah lebih banyak dilakukan oleh gubernur," katanya.

Pejabat yang sering turun ke lapangan, menurut dia, akan lebih memahami persoalan warga dan bisa mencarikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi warga.

"Kalau tidak mengerti permasalahan, maka tidak akan menemukan jalan keluar dan masyarakat tidak akan terpuaskan. Alhasil, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperoleh citra yang buruk," katanya.

Jokowi juga meminta SKPD segera menyelesaikan permasalahan di wilayah seperti tumpukan sampah di selokan, taman yang terbengkalai, jalanan yang berlubang dan tergenang air serta tembok yang penuh coretan.

Walikota Jakarta Barat Burhanuddin mengatakan siap menjalankan seluruh instruksi Gubernur Jokowi.

"Kami sudah siap dengan rencana kerja 2013 dan kami siap menjalankan seluruh program sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, yakni membangun Jakarta Baru," katanya.
 
(R027)

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2012