Jakarta (ANTARA News) - Salah satu anti penuaan dini yang terbaik adalah berolah-raga, namun Anda tidak perlu pergi ke pusat kebugaran. Olah raga ringan bisa menjadi rutinitas Anda di rumah, melalui aktivitas sehari-hari, sebagaimana dilansir dari laman Boldsky. 

Kegiatan yang pertama adalah berlatih keseimbangan. Saat tubuh mulai menua, tubuh akan kehilangan keseimbangan. Cobalah untuk berdiri di atas satu kaki selama lima menit setiap harinya. Letakkan buku di atas kepala supaya posisi tetap terjaga. Latihan yang sederhana ini dapat dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan Anda. 

Rajin-rajinlah membungkuk karena ini akan menjaga kondisi pinggang Anda supaya tetap berfungsi baik. Jatuhkan benda kecil seperti sendok, dan ambil kembali sendok tersebut perlahan-lahan sambil membungkuk.

Olahraga angkat beban juga sangat berguna untuk menjaga kekuatan otot. Namun Anda tidak perlu mengangkat 'dumbbells' di pusat kebugaran. Cobalah untuk yang lebih ringan, namun rutin Anda lakukan, seperti mengangkat barang belanjaan Anda sendiri atau pun mengangkat cucian. Ini adalah hal kecil yang akan sangat berarti untuk kekuatan otot Anda. 

Kegiatan rutin lain yang bisa Anda lakukan adalah, cobalah untuk menghindari eskalator atau 'lift'. Bila memungkinkan, cobalah untuk menggunakan tangga. Selain berguna untuk mengukur langkah kaki, otot kaki juga akan terus terlatih. Mencoba mengambil langkah seimbang, juga dapat menjaga langkah Anda tetap teratur. (M048) 

Penerjemah:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2012