Sidoarjo, Jatim (ANTARA) -
Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur siap mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo , Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023.
 
Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Yuristo Ardhi H di Sidoarjo, Ahad menjelaskan pihaknya sebagai operator bandara akan melakukan yang terbaik untuk setiap penugasan yang diberikan.
 
“Berkaca dari pengalaman sebelumnya pada kegiatan KTT G20, Bandara Internasional Juanda ditetapkan sebagai bandara pendukung untuk pengerahan parkir pesawat delegasi dan kepresidenan,” katanya.
 
Ia mengatakan, jika hal serupa akan dilimpahkan ke Bandara Internasional Juanda dalam kegiatan KTT ASEAN 2023, maka pihaknya akan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan sebaik mungkin.
 
“Kami akan berusaha mendukung semaksimal mungkin agar acara dapat terselenggara dengan sebaik mungkin,” ujarnya.
 
Dukungan yang diberikan di Bandara Internasional Juanda dari sisi fasilitas, kata dia, khususnya di sisi udara, memiliki 3 area apron yaitu apron A (T2), apron B (T1) dan apron C (terminal kargo).
 
“Fasilitas tersebut masing-masing memiliki kapasitas 14 parking stand (T2), 30 parking stand (T1) dan 7 parking stand (cargo terminal). Kapasitas tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan jenis pesawat yang akan parkir,” kata Yuristo Ardhi H.

Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN tahun ini. KTT KTT ASEAN 2023 akan diselenggarakan di Labuan Bajo dan Jakarta, pada Mei dan September 2023.


Baca juga: Bandara Juanda beroperasi 24 jam selama Lebaran

Baca juga: Bandara Juanda menyiapkan 17 parking stand untuk menyambut KTT G20

Baca juga: Puncak mudik Bandara Juanda diprediksi pada H-3 Lebaran

Baca juga: Ahli: KTT ASEAN di Labuan Bajo menunjukkan ekonomi Indonesia seimbang

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2023