Batam (ANTARA) - Jumlah penerbangan domestik di Bandara Internasional Batam ditambah untuk meningkatkan layanan saat arus mudik Idul Fitri tahun ini.

“Jumlah penerbangan pada arus mudik ini bertambah, dari rata-rata hanya 80 penerbangan meningkat menjadi 96 penerbangan,” ujar Dirut PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah di Batam Kepulauan Riau, Minggu.

Penambahan penerbangan itu kata dia, sebagai upaya pihaknya dalam mempersiapkan arus mudik tahun ini.

Dia menyebutkan, ada dua maskapai yang melakukan penambahan pada arus mudik tahun ini, yaitu maskapai Lion Air dan maskapai Citylink.

Dia menjelaskan, pada H-7 Lebaran, jumlah penumpang yang melakukan perjalanan di Bandara Internasional Batam meningkat 47 persen.

Total jumlah penumpang pada 15 April 2023 tercatat 14.403 orang. Sementara pada tahun lalu tercatat sebanyak 9.809 orang.

“Jadi kalau dilihat dari persentase dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan jumlah penumpang sebanyak 47 persen,” ujarnya.

Begitu juga dengan rata-rata jumlah harian penumpang pada saat hari normal yang hanya sekitar 10 ribu hingga 11 ribu.

“Itu juga tumbuh hampir 35 persen,” kata dia.

Peningkatan jumlah penumpang pada arus mudik tahun ini kata Pikri, meningkat sangat pesat dengan berbagai tujuan. Baik itu ke wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2023