Kendari (ANTARA News) - Warga Pulau Wawonii, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) diminta bersabar menunggu pemekaran wilayah pulau tersebut menjadi kabupaten otonom baru di Sultra.

Permintaan tersebut disampaikan anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Sulawesi Tenggara, Umar Arsal melalui telepon dari Jakarta, Rabu.

"Dilihat dari aspek persyaratan administrasi dan kelayakan wilayah, seluruh calon kabupaten baru di Indonesia yang diusulkan mekar, sudah memenuhi syarat menjadi daerah otonom baru," katanya.

Namun saat Komisi II DPR bersama Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat paripurna penetapan calon daerah otonom baru, hanya menyetujui tujuh daerah.

Sedangkan sebanyak 12 calon kabupaten baru termasuk Pulau Wawonii atau Konawe Pulauan, masih ditunda karena keterbatasan anggaran keuangan negara untuk membiayai seluruh kabupaten yang diusulkan mekar tersebut.

"Pemerintah bersama Komisi II DPR baru akan membahas kembali 12 calon kabupaten baru itu, pada Januari 2013 mendatang," katanya.

(SO32)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2012