Jakarta (ANTARA) - Para pemudik yang akan berangkat ke kampung halamannya melalui Terminal Kampung Rambutan, masing-masing disarankan untuk membeli tiket jauh-jauh hari atau secara dalam jaringan (online) ketimbang membeli tiket secara langsung, guna mengantisipasi ketersediaan tiket di terminal.

"Kepada para pemudik yang melalui Terminal Bus Kampung Rambutan, kami menginformasikan untuk pembelian tiket bisa dibeli jauh-jauh hari ya. Ditakutkan kalau pergi go show itu dipastikan sudah tidak dapat tiket," ujar Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni di Jakarta, Senin.

Yulza mengatakan jumlah pemudik yang melalui Terminal Kampung Rambutan semakin meningkat jelang lebaran. Pada Minggu, pemudik yang berangkat ke berbagai kota tujuan sebanyak 1.800-an orang. Jumlah itu tentu lebih banyak dari hari-hari biasa yang hanya sekitar 300-400 penumpang.

Tetapi jika dibandingkan dengan lebaran tahun kemarin dalam periode hari yang sama, jumlah tersebut lebih sedikit. Tahun lalu pada H-6, jumlah penumpang di Terminal Kampung Rambutan mencapai 2.017 orang.  

Melihat data penumpang yang semakin meningkat jelang Idul Fitri, Yulza mengimbau agar pemudik memastikan tiketnya sebelum datang ke Terminal Kampung Rambutan.

"Untuk yang go show itu memang kemungkinan besar (tiket) sudah sedikit, kuotanya sudah mulai habis ya. Jadi jauh-jauh hari sudah membeli tiket dari pihak perusahaan otobis yang ada di sini," kata dia.

Sementara itu, puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan diprediksi pada Rabu (19/4). Pengelola terminal sudah menyiapkan skema penambahan bus apabila terjadi penumpukan penumpang maupun adanya keterlambatan kedatangan bus.

Baca juga: Kepala terminal: Pemudik jangan terima makanan-minuman dari OTK

Baca juga: Terminal Kampung Rambutan siapkan skema penambahan armada bus

Baca juga: PMI siagakan perawat hingga ambulans di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023