London (ANTARA) - Saham Inggris menguat pada awal perdagangan Senin, dengan indeks FTSE 100 memperpanjang kenaikan untuk sesi ketujuh berturut-turut, karena emiten sektor tambang dan minyak meningkatkan indeks sumber daya, sementara saham Network International melonjak karena tawaran pembelian.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri terangkat 0,5 persen pada pukul 07.12 GMT, sedangkan saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berorientasi ke pasar domestik meningkat 0,6 persen,

Saham sektor energi bertambah 1,2 persen karena harga minyak mentah naik didorong rencana OPEC+ untuk memangkas lebih banyak produksi dan karena pasar mengamati data ekonomi China untuk tanda-tanda pemulihan permintaan.

Menambah keuntungan, penambang logam meningkat 1,8 persen karena harga timah melonjak ke level tertinggi dalam hampir dua bulan di tengah pembicaraan potensi larangan penambangan di produsen bijih utama Myanmar.

Di antara saham individu, Network International melambung 21,3 persen setelah perusahaan penyedia pembayaran tersebut menerima proposal pengambilalihan dari konsorsium CVC Capital dan Francisco Partners.

Saham John Wood Group bertambah 7,2 persen setelah perusahaan memutuskan untuk terlibat dengan Apollo Management untuk sebuah penawaran dengan harga pembelian akhir sebesar 240 pence per saham.


Baca juga: Saham Inggris berakhir positif, indeks FTSE 100 menguat 0,36 persen
Baca juga: Saham Inggris dibuka menguat, FTSE 100 di jalur kenaikan mingguan ke-4
Baca juga: Saham Inggris kian bersinar, indeks FTSE 100 bertambah 0,24 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023