Jakarta (ANTARA) - Sejumlah kepolisian sektor (Polsek) di Jakarta Selatan menyediakan pos untuk penitipan rumah dan kendaraan bagi para pemudik.

"Kami sudah menyediakan pos pelayanan di setiap polsek untuk penitipan rumah dan kendaraan pemudik tahun ini," ungkap ​​​Wakapolres Metro Jakarta Selatan, AKBP Harun usai apel gelar pasukan operasi ketupat jaya di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin.

Harun menuturkan, masyarakat tidak usah segan-segan untuk menitipkan rumah dan kendaraannya pada polsek terdekat.

Apalagi mengingat libur Lebaran yang cukup lama, katanya.

Selain itu, lanjut Harun, Satgas yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan Pemda juga menyediakan sembilan pos keamanan dan tiga pos pelayanan khusus untuk mudik.

Pos-pos tersebut tersebar ke beberapa daerah di Jakarta Selatan, seperti Tebet, Ragunan dan Situ Babakan.

Personel yang disiapkan berjumlah 1292 orang, dengan perincian 664 personel Polri, 483 personel Pemda dan 165 personel TNI.

Menurut keterangan Harun, khusus sebelum Hari Raya Idul Fitri, pengamanan difokuskan pada pusat-pusat perbelanjaan, termasuk "sahur one the road" dan titik-titik keramaian lainnya saat Ramadhan.

Intinya, lanjut Harun, semua pusat keramaian yang ada diusahakan agar tidak mengganggu lalu-lintas dan juga keamanan masyarakat.

"Kami juga instruksikan patroli jalan kaki, selama Lebaran, arus mudik dan balik. Tak hanya pengamanan, tetapi juga untuk kemacetan," demikian Harun.​​​

Baca juga: BMKJ dan swasta lepas bus mudik gratis berangkatkan warga ke Jambi
Baca juga: Pemprov DKI Jakarta kerahkan 500 bus pada program mudik gratis

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023