Samarinda (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, kembali menggelar kegiatan berobat gratis bagi masyarakat kurang mampu di daerah itu.

"Sesuai fungsinya, sebagai lembaga sosial dalam penyaluran dananya BAZNAS tidak hanya terbatas pada satu bidang pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan melainkan menyentuh pula pada bidang kesehatan," ungkap Ketua BAZ Kota Samarinda, H Asmuni Ali, Rabu.

Pengobatan gratis tersebut kata Asmuni Ali dilaksanakan atas kerja sama Klinik Dhuafa dan kegiatan itu dijadwalkan akan digelar setiap sebulan sekali.

"Sasarannya lebih diutamakan pada warga pinggiran kota yang jauh dari pusat layanan kesehatan seperti yang kami lakukan saat ini yakni di Desa Loa Kumbar yang memang merupakan desa binaan Baznas Kota Samarinda," kata Asmuni Ali.

Pengobatan gratis yang digelar Baznas Samarinda itu lanjut dia mendapat respon positif dari warga yang datang untuk berobat atau memeriksakan diri dan keluarganya.

"Antusias masyarakat cukup besar mendatangi lokasi pengobatan gratis tersebut dengan jumlah kunjungan mencapai 67 orang terdiri dari anak-anak maupun orang dewasa. Umumnya, penyakit yang mereka derita yakni, hipertensi, rematik hingga penyakit lain yang disebabkan oleh binatang peliharaan seperti kucing," ungkap Asmuni Ali yang diakui data tersebut berdasarkan keterangan dr Yeni Pronika, petugas medis yang memeriksa pengobatan tersebut.

Walapun hanya bersifat layanan dasar kesehatan namun, Asmuni Ali berharap fasilitas pengobatan yang dilakukan Basnaz Kota Samairnda tersebut setidaknya dapat membantu masyarakat dalam menjaga tingkat kesehatan keluarga, yang pada akhirnya akan berimbas pula pada kesehatan masyarakat Kota Samarinda secara menyeluruh.

Baznas Samarinda, lanjut dia, merencanakan kegiatan seperti itu akan dilakukan di daerah pinggiran kota lain pada setiap bulannya.

(A053/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2012