Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak tiga pemain tunggal putra bulu tangkis Indonesia yakni Tommy Sugiarto, Alamsyah Yunus, dan Siswanto, berhasil lolos ke putaran ketiga turnamen India Open Grand Prix Gold 2012 sementara sisa tiga tunggal lainnya gagal melanjutkan langkah mereka di Lucknow, India, Rabu.

Alamsyah, yang menjadi unggulan ketujuh, menumbangkan pemain Malaysia, Wei Sheng Loh, dengan skor 21-18, 21-8. Menyusul Tommy, unggulan ketiga, yang hanya membutuhkan waktu 18 menit untuk menyingkirkan Zulhelmi Zulkiffli asal Malaysia dengan skor 21-10, 21-6 di putaran kedua.

Sementara itu, Siswanto membalas kekalahan Taufik atas Pratul Joshi lewat rubber set 21-18, 16-21, 22-20. Sebelumnya, pemain asal India itu menyingkirkan Taufik yang merupakan unggalan teratas di putaran pertama pada hari yang sama.  Sedangkan pemain Indonesia lainnya, Evert Sukamta, Andre Marteen, dan Andrianus Adi Prasojo harus puas hanya mencapai putaran pertama.

Kejutan juga terjadi pada nomor tunggal putri dimana Saina Nehwal, mengalami nasib yang sama dengan Taufik. Pemain asal India itu harus menyingkir lebih awal di putaran pertama. Lawannya, Ksenia Polikarpova, diuntungkan karena srikandi bulu tangkis India itu mengundurkan diri akibat cedera saat skor 17-21, 18-20 dimana Saina sebenarnya unggul.

Untuk pemain Indonesia sendiri sebanyak lima wakil tunggal putri berhasil lolos ke putaran kedua. Mereka adalah Linda Wenifanetri, Aprilia Yuswandari, Maria Febe Kusumastuti, Hera Desi Ana Rachmawati dan Febby Angguni.

Seperti dikutip dari situs PBSI, Hera Desi Ana Rachmawati dan Febby Angguni sudah harus melakoni "perang saudara" bertarung memperebutkan tiket perempat final turnamen yang berhadiah total 120 ribu dolar AS ini pada Kamis (20/12) besok.

Hera lebih dulu menjejakkan kaki di babak kedua setelah berhasil mengalahkan pemain asal Austria, Simone Prutsch dengan skor telak, 21-9, 21-10. Febby yang minggu lalu baru saja menjadi runner up India International Challenge 2012 kemudian menyusul langkah Hera ke babak dua. Febby mengalahkan Neha Pandit yang merupakan pemain tuan rumah, juga dengan permainan straight game, 21-14, 22-20.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012